Prajurit berpatroli di salah satu ruas jalan di Mozambik. (Foto:Adrien Barbier/AFP/Getty)
Prajurit berpatroli di salah satu ruas jalan di Mozambik. (Foto:Adrien Barbier/AFP/Getty)

Kelompok Militan Bunuh 52 Warga Desa di Mozambik

Arpan Rahman • 22 April 2020 16:03
Muidumbe: Sebuah kelompok militan membunuh 52 warga di sebuah desa di Mozambik bagian utara. Penyerangan dilakukan kelompok tersebut usai warga setempat menolak direkrut menjadi militan.
 
Serangan terjadi di desa Xitaxi di distrik Muidumbe. Sebagian warga tewas ditembak, sementara beberapa lainnya dipenggal.
 
"Kelompok kriminal berusaha merekrut para pemuda, tapi ada perlawanan dari warga setempat. Hal ini memicu kemarahan para kriminal, yang kemudian membunuh 52 orang," kata juru bicara polisi Orlando Mudumane ke lembaga penyiaran nasional Mozambik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari Guardian, Rabu 22 April 2020, sebuah operasi kepolisian masih dilakukan dalam memburu para pelaku penyerangan.
 
Dalam beberapa pekan terakhir, sejumlah militan meningkatkan penyerangan mereka ke berbagai wilayah di Mozambik dalam upaya mendirikan kekhilafahan di negara tersebut.
 
Selain menyerang pedesaan, para militan juga kerap menguasai bangunan pemerintah, memblokade jalan, serta mengibarkan bendera mereka di beberapa titik di seantero provinsi Cabo Delgado.
 
Menurut data Armed Conflict Location & Event Data Project, sejumlah kelompok militan di Mozambik telah menewaskan lebih dari 900 orang dalam dua tahun terakhir.
 
Gelombang aksi kekerasan tersebut telah memaksa ratusan ribu warga Mozambik melarikan diri dari tempat tinggal masing-masing. Beberapa dari mereka mengungsi ke rumah keluarga atau teman di kota pelabuhan Pemba.
 
Sejak tahun lalu, sebuah organisasi bernama Islamic State Central Africa Provinsi (ISCAP), telah mengklaim sejumlah serangan di Mozakbik. ISCAP merupakan afiliasi dari Islamic State (ISIS) yang beroperasi di Timur Tengah.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif