Jajaran personel militer Nigeria. (AFP)
Jajaran personel militer Nigeria. (AFP)

Serangan Boko Haram di Malam Natal Tewaskan 7 Orang

Willy Haryono • 26 Desember 2020 10:10
Borno: Setidak tujuh orang tewas dalam serangan kelompok militan Boko Haram di sebuah desa yang didominasi penganut Kristen di Nigeria. Serangan yang juga melibatkan pembakaran sebuah gereja ini terjadi pada malam Natal.
 
Dilansir dari laman AFP pada Sabtu, 26 Desember 2020, sejumlah sumber lokal mengatakan bahwa setidaknya sebelas orang tewas dalam serangan Boko Haram di Pemi, negara bagian Borno.
 
Seorang pemimpin lokal di Borno mengatakan, para militan mendatangi Pemi dengan menggunakan truk dan sepeda motor. Mereka melepaskan tembakan secara acak ke segala arah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemi berlokasi dekat dengan Chibok, tempat terjadinya penculikan oleh Boko Haram terhadap 200 siswi sekolah pada 2014.
 
Boko Haram telah melancarkan serangkaian serangan di Nigeria utara dalam beberapa tahun terakhir. Tujuan utama Boko Haram adalah menggulingkan pemerintahan Nigeria dan menciptakan negara Islam versi mereka.
 
Kamis kemarin, sejumlah militan Boko Haram sempat menyerang Pemi. Otoritas keamanan pun memperingatkan ancaman serangan yang mungkin terjadi semasa libur Natal dan Tahun Baru.
 
"Teroris telah membunuh tujuh orang, membakar 10 rumah dan menjarah sejumlah pasokan makanan yang tadinya hendak disalurkan selama perayaan Natal," kata seorang pemimpin milisi lokal, Abwaku Kabu.
 
Para militan Boko Haram juga membakar sebuah gereja, menculik seorang pendeta, dan mencuri pasokan medis dari rumah sakit di Pemi.
 
Sepak terjang Boko Haram di Nigeria selama beberapa dekade terakhir ini telah menewaskan setidaknya 36 ribu orang dan membuat dua juta lainnya kehilangan tempat tinggal, berdasarkan data dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
 
Untuk melindungi diri, sejumlah wilayah di Nigeria utara membentuk kelompok milisi lokal bersenjata. Para milisi terkadang melakukan operasi gabungan bersama militer Nigeria.
 
Desember ini, Boko Haram mengklaim bertanggung jawab atas penculikan lebih dari 300 siswa sekolah di negara bagian Katsina. Bulan lalu, Boko Haram juga mengklaim telah membunuh puluhan petani di Nigeria.
 
Baca:  344 Siswa Nigeria Diselamatkan dari Penculikan Boko Haram
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif