Yair Lapid jadi PM sementara Israel./AFP
Yair Lapid jadi PM sementara Israel./AFP

Parlemen Resmi Bubar, Yair Lapid Jadi PM Sementara Israel

Marcheilla Ariesta • 30 Juni 2022 21:47
Tel Aviv: Parlemen Israel resmi bubar Kamis, 30 Juni 2022. Hal ini menyebabkan negara tersebut untuk melaksanakan pemilihan kelima dalam waktu kurang dari empat tahun.
 
Menteri Luar Negeri Yair Lapid akan mengambil alih sebagai perdana menteri sementara mulai 1 Juli 2022 pukul 00:00 waktu setempat.
 
Setelah voting pembubaran parlemen menunjukkan angka bulat 92-0, Lapid yang berhaluan tengah merangkul Perdana Menteri Naftali Bennett. Dalam setahun terakhir, Bennett memimpin koalisi delapan partai yang berujung perpecahan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Di sana, saya berjanji kepada almarhum ayah saya bahwa saya akan selalu menjaga Israel tetap kuat dan mampu membela diri dan melindungi anak-anaknya," kata pria berusia 58 tahun itu, dikutip dari AFP.
 
Baca juga: Israel Sepakat Bubarkan Parlemen untuk Gelar Pemilu Baru
 
Pemilihan baru yang ditetapkan pada 1 November menandai bahwa Israel tetap terperosok dalam kebuntuan politik yang belum pernah terjadi sebelumnya. Jajak pendapat awal menunjukkan hasilnya mungkin lagi tidak meyakinkan.
 
Mantan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu telah meyakinkan bahwa dia dan sekutunya, nasionalis ekstrem kanan dan partai Yahudi ultra-Ortodoks, akan mencoba kembali merebut kursi tersebut.
 
"Kami adalah satu-satunya alternatif. Pemerintah yang kuat, nasionalis, dan bertanggung jawab," kata Netanyahu.
 
Pemungutan suara yang akan datang nantinya menjadi pertarungan antara Netanyahu dan Lapid. Sementara Bennett mengatakan, tidak akan lagi mencalonkan diri.

 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif