Iran klaim punya bukti Barat terkait dengan protes Mahsa Amini./AFP
Iran klaim punya bukti Barat terkait dengan protes Mahsa Amini./AFP

Kemenlu Iran Klaim Punya Bukti Keterlibatan Barat dalam Protes Mahsa Amini

Marcheilla Ariesta • 28 November 2022 20:39
Teheran: Iran mengklaim punya bukti negara-negara Barat terlibat dalam protes yang tengah melanda negara itu. Kementerian Luar Negeri Iran menyampaikan hal ini pada Senin, 28 November 2022.
 
Protes dipicu oleh kematian perempuan Iran Kurdi berusia 22 tahun, Mahsa Amini, usai penangkapannya karena 'pakaian tidak pantas'. Protes ini menimbulkan salah satu tantangan terkuat bagi pendirian ulama negara itu, sejak Revolusi Islam 1979.
 
"Kami memiliki informasi spesifik yang membuktikan bahwa Amerika Serikat (AS), negara-negara Barat, dan beberapa sekutu Amerika memiliki peran dalam protes tersebut," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS Kanaani, dilansir dari AFP.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Dewan HAM PBB Perintahkan Penyelidikan Kematian Mahsa Amini di Iran
 
Belum diketahui informasi apa yang dirujuk oleh kementerian untuk mendukung klaimnya.
 
Gelombang protes di Iran dipicu oleh kematian Mahsa Amini Amerika, seorang wanita Iran Kurdi berusia 22 tahun, yang meninggal setelah penangkapannya. Sebelum wafat pada 16 September lalu, Amini ditahan oleh apa yang dinamakan polisi moral, lantaran tidak mengenakan hijab sesuai standar pemerintah. 
 
Setelah kematiannya, warga Iran menggelar demonstrasi massal, dengan seruan 'Wanita, Kehidupan, Kebebasan' berhasil menyebar ke berbagai belahan dunia.
 
Juga selama pembukaan Piala Dunia Qatar 2022, tim nasional Iran menyedot perhatian lantaran tidak menyanyikan lagu kebangsaan, sebagai bentuk dukungan atas para pengunjuk rasa anti-pemerintah.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING
TERKAIT

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif