Menlu AS Mike Pompeo sebut produk dari permukiman Yahudi di Tepi Barat akan dilabeli 'Buatan Israel'. Foto: AFP
Menlu AS Mike Pompeo sebut produk dari permukiman Yahudi di Tepi Barat akan dilabeli 'Buatan Israel'. Foto: AFP

Menlu AS Tegaskan Produk dari Pemukiman Yahudi Akan Dilabeli ‘Made in Israel’

Internasional as-israel palestina israel Mike Pompeo
Fajar Nugraha • 20 November 2020 11:29
Tepi Barat: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo untuk pertama kalinya mengunjungi Dataran Tinggi Golan dan permukiman Yahudi di Tepi Barat yang dibangun di lahan Palestina.
 
Kebalikan dari kebijakan AS yang telah berlangsung lama, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengatakan pada Kamis bahwa impor ke Amerika Serikat yang berasal dari permukiman di Tepi Barat sekarang akan memerlukan label yang menunjukkan bahwa mereka dibuat di Israel.
 
Baca: Menlu AS: Gerakan Boikot Israel Tindakan Antisemit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pompeo membuat pengumuman tersebut selama kunjungan profil tinggi ke negara Yahudi itu yang juga membuatnya berjanji untuk mengidentifikasi kelompok yang berbasis di AS yang mendukung gerakan Boikot, Divestasi, dan Sanksi (BDS) dan memberi label mereka antiSemit.
 
“Ini konsisten dengan pendekatan kebijakan luar negeri berbasis realitas. Barang yang diproduksi di permukiman Israel dan diekspor ke Amerika Serikat akan diminta untuk menandai produk mereka sebagai ‘Israel’, ‘Produk Israel’ atau ’Buatan Israel’,” tegas Pompeo, seperti dikutip AFP, Jumat 20 November 2020.
 
"Kami akan terus menentang negara-negara dan lembaga internasional yang mendelegitimasi atau menghukum Israel dan produsen Israel di Tepi Barat melalui tindakan jahat yang gagal untuk mengenali kenyataan di lapangan," kata Pompeo dalam sebuah pernyataan.
 
Langkah tersebut menyusul seruan dari sekelompok senator Republik yang mengeluarkan surat kepada Pompeo pada Rabu yang mendesaknya untuk mengubah pedoman pelabelan negara asal dan "melanjutkan rangkaian perubahan kebijakan pro-Israel [pemerintah]."
 
Bersama dengan Yerusalem timur, Tepi Barat adalah bagian dari wilayah Palestina untuk negara merdeka di masa depan dan permukiman Yahudi di tanah itu dianggap ilegal oleh sebagian besar komunitas internasional. Sebagai bagian dari perjalanannya ke Israel, Pompeo melakukan perjalanan ke kilang anggur di pemukiman Psagot, pertama kalinya seorang menteri luar negeri melakukan kunjungan resmi ke pemukiman Israel.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif