Ilustrasi pesawat jet tempur. (Foto: AFP)
Ilustrasi pesawat jet tempur. (Foto: AFP)

Serangan Udara Misterius Tewaskan 12 Milisi Pro-Iran

Internasional konflik suriah
Willy Haryono • 07 Juni 2020 18:03
Beirut: Sedikitnya 12 milisi pro-Iran tewas dalam rangkaian serangan udara 'misterius' yang dilancarkan pesawat tak teridentifikasi di Suriah bagian timur pada Sabtu malam. Salah satu yang terkena serangan adalah pangkalan pasukan pro-Rusia di provinsi Deir Ezzor.
 
"Delapan serangan udara menjelang dini hari pada Sabtu kemarin menewaskan 12 milisi asal Irak dan Afghanistan serta menghancurkan sejumlah peralatan dan amunisi," ujar laporan grup pemantau Syrian Observatory for Human Rights (SOHR), dilansir dari laman Al Arabiya, Minggu 7 Juni 2020.
 
SOHR tidak mengidentifikasi pesawat yang melancarkan serangan tersebut. Namun, kepala SOHR Rami Abdul Rahman mengatakan kepada media AFP bahwa kemungkinan besar serangan itu dilakukan oleh Israel.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Israel telah melancarkan ratusan serangan terhadap pasukan rezim Suriah dan juga milisi pro-Iran. Salah satu area yang sering menjadi sasaran serangan adalah Deir Ezzor.
 
Militer Israel jarang mengklaim bertanggung jawab atas serangan semacam itu. Namun Israel selama ini bertekad mencegah Iran mengumpulkan kekuatan di Suriah atau menyalurkan persenjataan canggih ke grup bersenjata asal Lebanon, Hizbullah.
 
Sejumlah grup bersenjata asal Iran dan Irak yang mendukung pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad telah mengerahkan personel mereka ke seantero Deir Ezzor. Deir Ezzor adalah kawasan gurun di Suriah yang berbatasan dengan Irak.
 
Menurut SOHR, rangkaian serangan udara terbaru terjadi setelah pasukan Afghanistan membawa bala bantuan dari perbatasan Irak ke pangkalan Iran di dekat kota Al-Mayadin di Sungai Efrat.
 
Dua serangan serupa pernah terjadi di Suriah pada Mei lalu, yang juga menewaskan 12 milisi pro-Iran.
 
Konflik berkepanjangan di Suriah yang meletus sejak 2011 telah menewaskan lebih dari 300 orang. Konflik tersebut telah menghancurkan banyak infrastruktur dan memaksa jutaan warga Suriah mengungsi ke sejumlah negara.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif