Pasukan Israel berpatroli di depan masjid Dome of the Rock di kompleks Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, 15 April 2022. (AHMAD GHARABLI / AFP)
Pasukan Israel berpatroli di depan masjid Dome of the Rock di kompleks Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, 15 April 2022. (AHMAD GHARABLI / AFP)

Pasukan Israel Kembali Masuk ke Al-Aqsa, Tahan Dua Tersangka Perusakan

Internasional Palestina israel palestina Israel Masjid Al-Aqsa
Willy Haryono • 17 April 2022 17:29
Yerusalem: Pasukan Israel kembali memasuki kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, dua hari sejak melancarkan penyerbuan yang memicu bentrokan berdarah dengan masyarakat Palestina. Dalam operasi kali ini, petugas menahan dua orang yang dinilai sebagai tersangka perusakan.
 
Sejak Minggu pagi, dikutip dari laman Al Arabiya, 17 April 2022, polisi Israel terlihat meminta warga Palestina yang berada di luar masjid untuk meninggalkan kompleks. Di waktu bersamaan, ada puluhan warga Palestina yang memilih bertahan di dalam masjid.
 
Polisi mengatakan pihaknya berusaha memfasilitasi kunjungan rutin kelompok Yahudi ke kompleks tersebut, yang juga dianggap suci oleh mereka. Meski sempat terlibat bentrok dua hari lalu, polisi berkomitmen memfasilitasi kebebasan beribadah bagi kelompok Yahudi dan juga Muslim.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selang beberapa saat setelah polisi Israel hendak masuk ke kompleks Al-Aqsa, bentrokan singkat sempat terjadi. Tim medis Palestina melaporkan adanya 10 orang yang terluka.
 
Kompleks Masjid Al-Aqsa hampir selalu menjadi pusat konflik antar masyarakat Palestina dan pasukan Israel dari tahun ke tahun, terutama selama Ramadan. Tahun lalu, bentrokan di kompleks Al-Aqsa bahkan memicu perang 11 hari antara pasukan Israel dan kelompok Hamas.
 
Baca:  Indonesia Kecam Serangan Israel ke Warga Palestina di Masjid Al-Aqsa
 
Sejumlah warga Palestina disebut Israel telah melempari rombongan bus yang membawa kelompok Yahudi di Yerusalem Timur dekat Kota Tua. Beberapa penumpang dikabarkan terluka, namun tidak terlalu parah. Peristiwa perusakan dan penyerangan itu kemudian berujung pada penahanan dua tersangka.
 
Peristiwa pada Jumat kemarin terjadi sebelum fajar. Kepolisian Israel mengatakan, sejumlah warga Palestina melemparkan batu ke arah Western Hall, salah satu situs suci Yahudi. Pasukan Israel kemudian menyerbu masuk ke dalam Masjid Al-Aqsa, dan bentrokan pun tak terhindarkan.
 
Berada di Kota Tua Yerusalem, kompleks tempat berdirinya Masjid Al-Aqsa adalah situs suci bagi Yahudi, Kristiani dan juga Muslim. Bentrokan pada Jumat kemarin terjadi di saat umat Muslim tengah berpuasa di pekan kedua, dan saat Kristiani tengah merayakan Tri Suci Paskah.
 
Israel merebut Yerusalam Timur, termasuk Kota Tua Yerusalem, beserta Tepi Barat dan Jalur Gaza dalam perang di tahun 1967. Palestina menginginkan negara mereka di masa mendatang meliputi tiga wilayah tersebut, dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.
 
Pencaplokan Yerusalem Timur oleh Israel tidak diakui secara internasional, begitu juga dengan proyek perluasan permukiman bagi kelompok Yahudi di Tepi Barat.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif