Ilustrasi kapal tanker. (Medcom.id)
Ilustrasi kapal tanker. (Medcom.id)

17 ABK WNI Selamat Usai Kapal Mereka Dibajak di Teluk Guinea

Marcheilla Ariesta • 26 November 2022 07:50
Seoul: KBRI Seoul menerima laporan dari Kementerian Luar Negeri Korea Selatan terkait pembajakan kapal tanker berbendera Kepulauan Marshall, B-Ocean. Dari informasi tersebut, dilaporkan 19 awak kapal hilang kontak, di mana mayoritasnya adalah warga negara Indonesia (WNI).
 
Kapal tanker itu dibajak di sekitar perairan Teluk Guinea di Afrika Barat.
 
"Kemenlu Korsel menerima informasi bahwa kapal tanker B-Ocean dengan 19 awak kapal - 2 Warga Negara Korsel dan 17 Warga Negara Indonesia hilang kontak sejak 24 November 2022 pukul 07.00 waktu Korea sekitar 200 mil laut bagian selatan perairan Pantai Gading," kata KBRI Seoul dalam pernyataannya yang diterima Medcom.id, Jumat, 25 November 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kapal kembali terhubung dengan otoritas Kementerian Kelautan dan Perikanan Korsel pada 25 November 2022 pukul 12.00 waktu Korea, dan kembali berlayar menuju kota Abidjan, Pantai Gading, dengan pengawalan kapal Angkatan Laut Italia," kata mereka.
 
Kapal tersebut diperkirakan akan tiba di pelabuhan Abidjan pada Sabtu, 26 November 2022 sore atau malam hari waktu setempat.
 
Para pembajak mengambil seluruh stok minyak kapal B-Ocean, serta merusak hampir seluruh peralatan komunikasi yang membuat awak kapal sulit terhubung dengan otoritas Korea Selatan. "Kemenlu Korsel juga menyampaikan bahwa seluruh awak kapal selamat dan tidak ada yang terluka akibat pembajakan tersebut," sambung KBRI Seoul.
 
Dalam pernyataan tertulis itu disebutkan, KBRI Seoul terus berkoordinasi dengan Kemenlu dan Kementerian Kelautan Korea Selatan, KBRI Dakar dan pihak-pihak terkait lainnya untuk memastikan kondisi para awak kapal Indonesia di kapal tersebut.
 
Baca:  KBRI Nairobi Pulangkan ABK Bermasalah dari Somalia
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif