PM Sudan Abdalla Hamdok. (Foto: AFP)
PM Sudan Abdalla Hamdok. (Foto: AFP)

PM Sudan Berterima Kasih kepada Trump Terkait Daftar Teror

Internasional amerika serikat konflik sudan donald trump
Willy Haryono • 20 Oktober 2020 08:03
Khartoum: Perdana Menteri Sudan Abdalla Hamdok berterima kasih kepada Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang berjanji akan menghapus Sudan dari daftar negara sponsor terorisme. Tidak dihapus begitu saja, karena Sudan harus membayar kompensasi sebesar USD335 juta atau sekitar Rp4,9 triliun kepada sejumlah keluarga AS yang menjadi korban teror.
 
"Terima kasih banyak, Presiden Trump!" tulis Hamdok via Twitter dalam merespons pengumuman Washington.
 
"Kami menantikan notifikasi resmi Anda terhadap Kongres untuk menghapus Sudan dari daftar negara sponsor terorisme, yang sudah sangat memberatkan negara kami," sambungnya, dikutip dari laman Arutz Sheva pada Selasa, 20 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Trump Akan Hapus Sudan dari Daftar Teror Asal Bayar Kompensasi
 
Menurut PM Hamdok, pernyataan Trump merupakan dukungan terkuat AS terhadap transisi demokrasi di Sudan. Ia menegaskan negaranya berupaya keras untuk bangkit dan meninggalkan rezim militer yang pernah berkuasa di Sudan.
 
Ia juga menekankan bahwa Sudan adalah negara cinta damai yang tidak pernah mendukung terorisme.
 
Berbicara di televisi nasional, PM Hamdok mengatakan bahwa dihapusnya Sudan dari daftar negara sponsor terorisme akan membuka jalan dalam mendapatkan bantuan untuk membayar utang luar negeri senilai USD60 miliar atau setara Rp882 triliun.
 
Sementara itu, Menteri Keuangan Sudan Hiba Mohamed Ali Ahmed mengonfirmasi dalam wawancara bersala Al-Arabiya bahwa negaranya mulai mentransfer uang kompensasi kepada sejumlah keluarga AS.
 
Selama ini, pemerintahan PM Hamdok mendorong AS untuk mengeluarkan Sudan dari daftar negara sponsor terorisme. Sudan perlu keluar dari daftar itu untuk menghidupkan kembali perekonomian usai digulingkannya Omar al-Bashir dari kursi kepresidenan.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif