Truk berisi bantuan kemanusiaan menanti di pinggiran kota Madaya di Suriah pada 11 Januari 2016
Truk berisi bantuan kemanusiaan menanti di pinggiran kota Madaya di Suriah pada 11 Januari 2016

PBB Kirim 46 Truk Bantuan Kemanusiaan ke Suriah

Internasional krisis suriah suriah membara pbb suriah konflik suriah
Willy Haryono • 06 Oktober 2020 14:09
Hatay: Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengirim 46 truk berisi bantuan kemanusiaan untuk Idlid, provinsi wilayah utara di Suriah yang dihuni jutaan warga. Banyak warga di Idlib hidup dalam kondisi memprihatinkan akibat perang sipil berkepanjangan.
 
Dilansir dari laman Yeni Safak pada Selasa, 6 Oktober 2020, puluhan truk PBB melewati gerbang perbatasan Cilvegozu di provinsi Hatay, Turki.
 
Bantuan kemanusiaan berupa makanan, obat-obatan, tenda, dan pasokan esensial lainnya akan disalurkan tim PBB ke semua warga Idlib yang membutuhkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ratusan ribu orang tewas dan telantar di Suriah sejak negara tersebut dilanda perang sipil pada 2011. Awalnya, konflik tersebut hanya diawali unjuk rasa anti-pemerintah dan pro-demokrasi berskala kecil.
 
Namun konflik tersebut membesar usai pasukan Suriah di bawah Presiden Bashar al-Assad memberantas gerakan aksi pro-demokrasi di negaranya.
 
Konflik terus bergulir dari tahun ke tahun, dan menjadi semakin kompleks karena adanya intervensi dari sejumlah negara, baik yang berasal dari Timur Tengah maupun benua lain.
 
Idlib masuk dalam zona de-eskalasi di bawah perjanjian yang dimediasi antara Turki dan Rusia. Dalam perang sipil di Suriah, Turki mendukung pergerakan militan oposisi, sementara Rusia membela penuh pasukan Assad.
 
Gencatan senjata di Idlib telah berulang kali dilanggar. Kubu Assad dan oposisi sama-sama saling menuding sebagai pihak yang melakukan pelanggaran.
 
Memburuknya perang sipil di Suriah dalam beberapa tahun terakhir telah menjadikan total populasi pengungsi dan orang telantar internal (IDP) di Suriah mencapai empat juta.
 
Baca:DK PBB Sepakati Perubahan Rute Bantuan di Suriah
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif