Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian. (ATTA KENARE / AFP)
Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian. (ATTA KENARE / AFP)

Bersama Oman, Iran Berharap Dapat Membantu Mengakhiri Konflik Yaman

Willy Haryono • 27 Desember 2021 19:21
Teheran: Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian mengekspresikan harapan bahwa dengan upaya semua negara di kawasan, terutama Iran dan Oman, konflik berkepanjangan di Yaman dapat segera diakhiri.
 
Pernyataan tersebut disampaikan Amir-Abdollahian saat bertemu Deputi Menlu Oman Sheikh Khalifa Al Harthy di Teheran hari ini, Senin, 27 Desember 2021. Deputi Menlu Oman datang ke Iran untuk menghadiri pertemuan Komite Konsultasi Strategis Gabungan.
 
Selama pertemuan, Amir-Abdollahian mengatakan bahwa perluasan hubungan Iran dengan negara-negara tetangga merupakan prioritas kebijakan luar negeri Presiden Ebrahim Raisi. Ia mengatakan, Oman memiliki tempat istimewa dalam kebijakan luar negeri Iran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari Mehr News Agency, Amir-Abdollahian juga menekankan pentingnya kedua negara untuk meningkatkan hubungan bilateral dan kerja sama perdagangan.
 
Ia mengatakan Iran berkomitmen terhadap skema negosiasi dan solusi politik terkait hubungan bilateral atau masalah regional. Amir-Abdollahian juga mengekspresikan kesiapan Iran untuk bernegosiasi dengan negara-negara di kawasan dalam mendorong peningkatan hubungan bilateral.
 
"Dengan upaya gabungan semua negara di kawasan, terutama Iran dan Oman, fondasi yang diperlukan dapat disiapkan untuk mengakhiri krisis Yaman," tutur Amir-Abdollahian.
 
Al Harthy menyambut baik itikad baik Iran. Ia juga berharap konflik Yaman dapat segera berakhir. Kepada Amir-Abdollahian, Al Harthy mengatakan bahwa Oman selalu menyambut baik cara-cara damai dalam menyelesaikan beragam masalah.
 
Baca:  Rudal Houthi Tewaskan Seorang Warga Arab Saudi dan Yaman
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif