Ukraina Desak Rusia Pulangkan Kru Tiga Kapal
Kapal Berdyansk milik Angkatan Laut Ukraina. (Foto: Ukraine Ministry of Defence)
Kiev: Ukraina mendesak Rusia untuk memulangkan kru dari tiga kapal yang disita karena dinilai melanggar batas wilayah perairan Moskow di Selat Kerch. Selat ini merupakan sebuah perairan sempit yang memberikan akses ke Laut Azov yang digunakan oleh Ukraina dan Rusia.

Dalam insiden ini, Rusia sempat menembaki ketiga kapal Kiev. "Ukraina meminta adanya perawatan medis kepada para korban luka dan memastikan mereka dipulangkan dengan selamat ke rumah masing-masing," ucap Kementerian Luar Negeri Ukraina, seperti dikutip dari kantor berita Sputnik, Senin 26 November 2018.

Baca: Krisis Rusia-Ukraina, DK PBB Akan Lakukan Pertemuan Darurat


"Selain itu, Ukraina juga mendesak agar ketiga kapal angkatan laut dikembalikan, dan meminta adanya kompensasi atas segala kerusakan fisik," lanjutnya.

Tidak berhenti sampai di situ, Kemenlu Ukraina juga menyerukan seluruh negara sekutu dan mitra untuk menghadapi pihak penyerang (Rusia). "Sejumlah langkah itu di antaranya menerapkan atau memperkuat sanksi serta menyediakan bantuan militer untuk Ukraina," ungkap Kemenlu Ukraina.

Juru bicara Direktorat Perbatasan Badan Keamanan Federal (FSB) untuk Krimea, Anton Lozovoy, mengatakan bahwa ketiga kapal Ukraina itu telah dibawa ke pelabuhan Kerch. Di sana, tiga kru yang mengalami luka ringan telah mendapat perawatan medis.

Sebelumnya, FSB menyebut tiga kapal AL Ukraina -- Berdyansk, Nikopol dan Yana Kapu -- telah disita karena melanggar perbatasan negara.

AL Ukraina mengatakan insiden terjadi ketika dua kapal perang kecil dan satu lainnya sedang bergerak menuju Mariupol. Di tengah perjalanan, sebuah kapal penjaga perbatasan Rusia menabrak dan menembaki ketiga kapal.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id