Ribuan orang berunjuk rasa di Budapest, Hongaria, Sabtu 5 Januari 2019. (Foto: AFP)
Ribuan orang berunjuk rasa di Budapest, Hongaria, Sabtu 5 Januari 2019. (Foto: AFP)

Ribuan Warga Hongaria Protes 'UU Perbudakan'

Internasional hongaria
Arpan Rahman • 06 Januari 2019 15:21
Budapest: Ribuan orang di Hongaria berunjuk rasa di tengah suhu dingin dalam menentang pemerintahan sayap kanan Perdana Menteri Viktor Orban. Demonstran mengecam keras aturan terbaru yang mereka sebut 'Undang-Undang Perbudakan.'

Diloloskan di level parlemen pada Desember tahun lalu, UU tersebut memungkinkan sejumlah perusahaan mendorong para pekerjanya untuk bekerja lembur 400 jam per tahun -- setara dengan tambahan satu hari dalam sepekan.

Sedikitnya 10 ribu orang berjalan bersama di Budapest, mulai dari Lapangan Heroes Square hingga ke kompleks parlemen. Selain soal 'UU Perbudakan,' para pengunjuk rasa juga menyerukan kekhawatiran mereka mengenai intervensi pemerintah dalam urusan akademis, yudisial dan media.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Para pedemo berjalan sembari membawa beberapa spanduk bertuliskan "singkirkan rezim" dan juga seruan untun menggelar "unjuk rasa nasional." "Kami tidak setuju dengan hampir semua hal sejak pemerintahan ini berkuasa. Mulai dari korupsi hingga ke demokrasi semu," kata Eva Demeter, wanita 50 tahun, seperti disitir dari laman Guardian, Sabtu 5 Januari 2019.

Dia beranggapan jumlah demonstran bisa begitu banyak karena 'UU Perbudakan' berimbas pada "banyak orang" di Hongaria.

Partai Fidesz yang mengusung Orban menang telak dalam pemilihan umum tahun lalu. Partainya meraih mayoritas dua per tiga kursi di parlemen.

Pemerintahan Orban dinilai telah merenggut kebebasan dari sejumlah institusi Hongaria yang awalnya independen. Tahun lalu, parlemen Uni Eropa menggelar pemungutan suara untuk menjalankan hukuman disipliner kepada Hongaria yang dinilai berpotensi merusak sendi-sendi hukum di negaranya.



(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi