Ilustrasi minyak sawit (Foto:Medcom.id/Nia Deviyana)
Ilustrasi minyak sawit (Foto:Medcom.id/Nia Deviyana)

Isu Minyak Sawit Dibahas RI-Swedia

Internasional indonesia-swedia
Marcheilla Ariesta • 19 November 2019 20:04
Jakarta: Indonesia dan Swedia mengadakan Forum Konsultasi Bilateral ke-6 di Jakarta. Dalam forum ini, salah satu pembahasan utamanya adalah isu minyak sawit.
 
Selain itu, kerja sama pertahanan, transportasi, dan rencana dialog antaragama juga dibahas dalam forum ini.
 
Delegasi RI dipimpin oleh Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemlu RI, Teuku Faizasyah. Sedangkan delegasi Swedia dipimpin oleh Wakil Direktur Jenderal Departemen Asia dan Pasifik Kementerian Luar Negeri Swedia, Cecilia Ruthström-Ruin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Indonesia bermaksud meningkatkan investasi yang masih rendah dibandingkan kapasitas outbound investment Swedia. RI juga ingin memperkuat kemitraan kerjasama untuk ekonomi digital dengan inovasi tinggi, pengembangan kemitraan dalam kerjasama multilateral, dan pengembangan kemitraan dalam kerjasama di bidang pendidikan dan ristek.
 
"Swedia penting bagi Indonesia khususnya dalam sektor investasi, dimana Swedia merupakan negara yang aktif dalam sektor energi terbarukan dan teknologi ramah lingkungan, manufaktur, retail, serta infrastruktur maritim," demikian dikutip dari pernyataan Kedutaan Besar RI di Swedia yang diterima Medcom.id, Selasa 19 November 2019.
 
Di semester pertama 2019, investasi Swedia di Indonesia mengalami peningkatan hingga sebesar 150 persen, yakni menjadi sebesar USD21,8 juta dari 2018. Hal ini menunjukkan potensi yang dimiliki Swedia sangat besar dan terdapat minat dan perhatian dari Swedia untuk berinvestasi di Indonesia.
 
Swedia memandang Indonesia sebagai salah satu negara dengan perekonomian terbesar di kawasan Asia Tenggara.
 
Selain itu, Swedia juga merupakan mitra kerjasama di bidang pengembangan teknologi energi bersih, baru, dan terbarukan, pendidikan, ristek, dan konservasi lingkungan.
 

(WAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif