Kanselir Jerman Angela Merkel (tengah) dalam sebuah acara di Berlin, 19 Desember 2018. (Foto: AFP/JOHN MACDOUGALL)
Kanselir Jerman Angela Merkel (tengah) dalam sebuah acara di Berlin, 19 Desember 2018. (Foto: AFP/JOHN MACDOUGALL)

Merkel Ingin Jerman Lebih Berperan di Level Global

Internasional politik jerman jerman angela merkel
Willy Haryono • 31 Desember 2018 17:05
Berlin: Kanselir Angela Merkel bertekad menjadikan Jerman lebih berperan dan mengemban tanggung jawab yang lebih besar di kancah internasional di tahun 2019. Hal tersebut disampaikan dalam pidato tahunan Kanselir Merkel di Berlin.

Merkel menyebut hal-hal mengenai kerja sama internasional "berada di bawah tekanan," dan berpotensi membuat hubungan Jerman dengan negara adidaya Amerika Serikat menjadi renggang.

Tahun ini, Kanselir Merkel dan Presiden AS Donald Trump telah berselisih paham mengenai berbagai isu domestik dan luar negeri. Dalam setahun terakhir, Merkel adalah tokoh utama pembela multilateralisme, sementara Trump kukuh dengan kebijakan proteksionisme "America First."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Terkait dengan kepentingan dalam negeri, kita harus mengemban tanggung jawab lebih," ujar Merkel, yang pidato tahunannya akan ditayangkan hari ini, Senin 31 Desember 2018, seperti dilansir dari laman BBC. Dengan menduduki kursi sementara di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk 2019 dan 2020, Jerman disebut Merkel akan mendorong dilahirkannya sejumlah "solusi global."

Hendak mundur dari jabatannya pada 2021, Merkel juga bertekad meningkatkan anggaran belanja Jerman untuk bantuan kemanusiaan dan pengembangan serta pertahanan. Dalam pidatonya, Merkel mengakui adanya perpecahan di dunia politik Jerman, dan ia mengajak semua warga untuk bekerja sama mencapai tujuan bersama.

"Kita baru akan mengatasi berbagai tantangan jika bersatu dan bekerja sama," sebut Merkel.

Tahun ini, Merkel berhasil mencegah jatuhnya pemerintahan koalisi Jerman atas isu sensitif keimigrasian. Sejumlah pihak menentang keputusan Merkel yang menerima lebih dari satu juta imigran dan pengungsi ke Jerman pada 2015.

Setelah partainya meraih hasil kurang maksimal dalam pemilihan umum regional tahun ini, Merkel mengumumkan dirinya akan mundur dari jabatan ketua, sebuah posisi yang sudah didudukinya selama 18 tahun.


(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi