Menlu Rusia Sergey Lavrov. (Foto: AFP)
Menlu Rusia Sergey Lavrov. (Foto: AFP)

Rusia Pertanyakan Kebenaran Tewasnya Pemimpin ISIS

Internasional isis rusia
Sonya Michaella • 03 November 2019 12:05
Moskow: Rusia masih mempertanyakan kebenaran kematian dari pemimpin kelompok militan Islamic State (ISIS) Abu Bakr al-Baghdadi. Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan, Amerika Serikat (AS) berlebihan dalam memberitakan kematian Baghdadi.
 
"Abu Bakr al-Baghdadi adalah ‘gagasan Amerika Serikat’ kala itu. Lalu mereka yang ‘mematikannya’ sendiri," tuding Lavrov, dikutip dari Anadolu Agency, Minggu 3 November 2019.
 
Lavror menegaskan, intelijen Rusia kini sedang menyelidiki kebenaran mengenai Baghdadi yang telah beberapa kali dikabarkan tewas. Penyelidikan akan dilakukan meski ISIS sudah mengakui bahwa Baghdadi memang sudah tewas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Militer kita masih mempelajari fakta-fakta tambahan, dan mereka belum dapat mengonfirmasi banyak dari apa yang dikatakan AS," ucapnya. Lavrov menjabarkan bahwa ISIS muncul setelah invasi AS ke Irak dan pembebasan para ekstremis dari penjara oleh Amerika sendiri.
 
"Sampai batas tertentu, orang Amerika telah menghilangkan apa yang telah mereka lahirkan sendiri. Mereka seolah-olah berhasil menumpas teroris terbesar di dunia ini," ungkap Lavrov lagi.
 
Seorang pejabat Pentagon menyebut jasad Baghdadi telah dikubur di laut. Identitas Baghdadi telah dikonfirmasi 100 persen lewat tes DNA di sebuah fasilitas di Suriah.
 
Selain itu, Presiden Donald Trump juga mengaku ingin merilis sebagian segmen dari video operasi militer AS mengejar Baghdadi. AS telah merilis beberapa segmen dari video penyerbuan ke tempat Baghdadi di Idlib.
 
Operasi AS di kediaman Baghdadi di provinsi Idlib berlangsung pada Sabtu 26 Oktober. Baghdadi dan tiga anaknya meledakkan diri saat dikejar anjing militer AS di sebuah terowongan.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif