Penandatanganan kesepakatan kerja sama Indonesia-Inggris bidang pertahanan. (Foto: Dok. KBRI London)
Penandatanganan kesepakatan kerja sama Indonesia-Inggris bidang pertahanan. (Foto: Dok. KBRI London)

Indonesia-Inggris Sepakat Kembangkan Kerja Sama Pertahanan

Internasional indonesia-inggris
Sonya Michaella • 20 Juni 2019 06:00
London: Indonesia dan Inggris sepakat meningkatkan kerja sama pertahanan lewat forum bertajuk Joint Defence Cooperation Dialogue (JDCD). Salah satu isu yang dibahas adalah kerja sama pendidikan intelijen.
 
Forum ini diadakan sebagai implementasi dari MoU kerja sama yang disepakat menteri pertahanan kedua negara pada 2012.
 
"Dialog ini menjadi penting saat kedua negara sedang merayakan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Inggris. Ini bukti semakin eratnya kedua negara dan Inggris bisa menjadi mitra penting Indonesia dalam membangun kemampuan pertahanan," kata Duta Besar RI untuk Inggris Rizal Sukma, dalam keterangan tertulis KBRI London kepada Medcom.id, Kamis 20 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Secara khusus, dua pihak bertukar pandangan mengenai isu-isu global maupun regional, potensi kerja sama pendidikan intelijen, modernisasi alutsista, peningkatan kapabilitas dan pengenalan produk industri pertahanan.
 
"Kami juga melakukan pembicaraan terkait penguatan kerja sama dalam menghadapi ancaman nyata di kawasan dengan fokus keamanan maritim, bantuan kemanusiaan, penanggulangan bencana alam, penanggulangan terorisme serta operasi perdamaian dunia," lanjut Rizal.
 
Sementara itu, Ketua delegasi Kementerian Pertahanan RI Mayjen TNI Rizerius Eko Hadisancoko berharap JDCD membentuk kerja sama militer dan pertahanan Indonesia-Inggris semakin berkembang dan kuat.
 
"Kedekatan hubungan Indonesia-Inggris dalam bidang militer dan pertahanan menjadi modal penguatan diplomasi Indonesia untuk memperkuat posisi Indonesia menghadapi tantangan regional maupun global, serta menjaga kesatuan negara," ucapnya.
 
Delegasi Kementerian Pertahanan RI juga berkesempatan mengunjungi British Aerospace System di London dan satuan militer Royal School of Artillery di Kota Larkhill, Wiltshire.
 


 

(DMR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif