Gempa 6,8 SR Guncang Yunani, Terasa Hingga Italia
Retakan akibat gempa di pelabuhan Zante, Yunani. 26 Oktober 2018 (Foto: AFP/Eurokinissi)
Athena: Gempa berkekuatan 6,8 Skala Richter mengguncang Yunani, Jumat 26 Oktober 2018 pagi waktu setempat. Kuatnya guncangan terasa hingga ke Italia, bahkan Libya.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebut gempa berlokasi di selatan pulau Zakynthos. Kedalaman gempa berkisar 16 kilometer. Albania, Libya dan Malta juga merasakan guncangan.

Situs berita Il Messaggero menyebut guncangan terasa hingga ratusan kilometer di Italia selatan. Petugas pemadam kebakaran di Calabria, Puglia dan Sicilia menerima ribuan telepon dari para warga yang khawatir mengenai keselamatan mereka.


Seperti disitat dari media Express, Agensi Gempa Bumi Eropa EMSC mengatakan ketinggian permukaan air laut sempat meningkat sekitar 20 sentimeter akibat gempa. EMSC menyebut permukaan air mungkin meningkat lebih tinggi di pesisir Yunani.

Pelabuhan utama di Zante rusak akibat meningkatnya tinggi permukaan air laut, namun masih bisa digunakan. Sejumlah foto di media sosial memperlihatkan retakan besar di pelabuhan tersebut.

Zakynthos pernah dilanda beberapa gempa dahsyat di masa lalu. Alhasil, pemerintah setempat pun menerapkan aturan ketat mengenai pembangunan gedung.

Situs wisata di Zakynthos sangat populer di kalangan turis domestik dan internasional. Lebih dari 200 ribu wisatawan asing datang ke pulau tersebut pada 2017.

Yunani adalah negara yang berdiri di atas dua lempeng tektonik sehingga rentan dilanda gempa.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id