NEWSTICKER
Acara Idulfitri di Wisma Nusantara, Inggris. (Foto: Dok. KBRI London)
Acara Idulfitri di Wisma Nusantara, Inggris. (Foto: Dok. KBRI London)

1.500 WNI Rayakan Idulfitri di KBRI London

Internasional lebaran indonesia-inggris
Sonya Michaella • 05 Juni 2019 13:00
London: Perayaan Hari Raya Idulfitri di Inggris berlangsung meriah. Salat Id dan halal bihalal digelar di Wisma Nusantara, kediaman Duta Besar RI untuk Inggris Rizal Sukma.
 
Salat Id dilaksanakan pada pukul 09.30 waktu Inggris, 4 Juni 2019 kemarin. Bertindak sebagai imam dan Khatib yaitu Uztaz Abdul Atiq Syarifuddin yang didatangkan langsung dari Indonesia.
 
Suasana Lebaran di Inggris tahun 2019 ini terasa sangat istimewa karena selain sekitar 1.500 WNI yang ada d Inggris hadir dan dapat menikmati hidangan kuliner khas lebaran seperti opor ayam, rendang, telur balado dan kerupuk, mereka juga dapat menikmati alunan merdu kesenian khas Jawa Barat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kehadiran komposer musik Iwan Gunawan dengan grup Kyai Fatahilah yang didatangkan secara khusus dari Indonesia untuk memeriahkan perayaan Idulfitri di London benar-benar memberikan suasana yang sangat berbeda dari lebaran pada tahun-tahun sebelumnya.
 
Nuansa khas bumi Parahyangan semakin terasa saat grup kesenian Kyai Fatahilah berkolaborasi dengan Degung Sunda Sekar Engal pimpinan Simon Cook. Cengkok khas Sunda yang dibawakan sinden menggerakan sejumlah penonton untuk bergoyang dan menari bersama.
 
"Kegiatan salat Idulfitri dan acara halal bihalal WNI ini sebagai ritual Lebaran yang juga merupakan sarana untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan sebagai bangsa Indonesia di negeri orang," kata Rizal, dalam keterangan tertulis KBRI London kepada Medcom.id. Rabu 5 Juni 2019.
 
Kegiatan Sholat Idul Fitri 1440H dan Halal Bil Halal ini merupakan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan Ramadhan 1440H yang diselenggarakan oleh KBRI London bekerja sama dengan Pengajian Masyarakat Indonesia-London. Kegiatan ini mendapat sambutan sangat baik dari seluruh warga masyarakat Indonesia yang tinggal di Inggris karena memberikan kesempatan untuk berkumpul bersama, berbagi kebahagiaan tanpa memandang latar belakang agama, suku dan sebagainya.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif