PM Malta Joseph Muscat. (Foto: AFP/CHRISTOF STACHE)
PM Malta Joseph Muscat. (Foto: AFP/CHRISTOF STACHE)

PM Malta Berencana Mundur atas Pembunuhan Jurnalis

Internasional Politik Malta
Arpan Rahman • 02 Desember 2019 13:09
Valletta: Perdana Menteri Malta Joseph Muscat berencana mengundurkan diri bulan depan terkait aksi protes terhadap ledakan bom mobil yang menewaskan seorang jurnalis ternama pada 2017.
 
Berpidato di televisi, Muscat mengaku telah menginformasikan Presiden George Vella bahwa dirinya akan mundur dari jabatan ketua Partai Buruh Malta.
 
"Saya telah menuliskan surat kepada presiden Partai Buruh bahwa proses pemilihan ketua baru akan dimulai pada 12 Januari 2020," tukas Muscat, dilansir dari Sky News, Minggu 1 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pada hari itu, saya akan mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Buruh. Dalam beberapa hari setelahnya, saya akan mundur sebagai perdana menteri," lanjutnya.
 
Muscat mengaku akan meminta partainya untuk memulai sebuah proses pemilihan ketua baru bulan depan. Namun sejumlah rival Muscat mendesak sang PM untuk mengundurkan diri secepatnya.
 
Beberapa jam sebelum pengumuman PM Muscat, ribuan warga Malta berunjuk rasa di jalanan ibu kota Valletta. Mereka semua meminta agar PM Muscat segera mundur.
 
Selama ini Muscat didesak mundur atas pembunuhan jurnalis bernama Daphne Caruana Galizia. Mantan ajudan Muscat diduga terlibat dalam pembunuhan jurnalis anti-korupsi tersebut.
 
Galizia telah menuliskan sejumlah laporan mengenai praktik korupsi yang dilakukan sekelompok politisi dan pebisnis Malta. Mobil Galizia meledak saat perempuan 53 tahun itu sedang mengemudi menuju rumahnya pada 2017.
 
Akhir pekan ini, salah satu orang terkaya di Malta, Yorgen Fenech, telah didakwa sebagai kaki tangan pembunuhan Galizia. Ia membantah semua tuduhan.
 
Penyelidikan pembunuhan Galizia memicu krisis politik di Malta. Keluarga korban menuduh Fenech memiliki kaitan dengan beberapa orang dekat Muscat.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif