Truk yang ditemukan di Inggris berisi mayat yang diduga berasal dari Tiongkok. Foto: AFP
Truk yang ditemukan di Inggris berisi mayat yang diduga berasal dari Tiongkok. Foto: AFP

Mayat di Truk Inggris, Korban Tersekap Sebelum Capai Belgia

Internasional inggris tiongkok
Arpan Rahman • 25 Oktober 2019 16:11
Brussels: 39 orang yang ditemukan tewas dalam truk berpendingin sudah terperangkap ketika mereka tiba di pantai Belgia dalam perjalanan ke Inggris.
 
Pejabat setempat di Belgia mengatakan delapan wanita dan 31 pria terkunci di trailer setidaknya 10 jam setelah tiba di pelabuhan Zeebrugge pada Selasa sore.
 
Polisi memulai tugas memindahkan 39 mayat yang ditemukan di trailer yang tergandeng di sebuah truk di Essex, Inggris tenggara, pada dini hari Rabu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wali Kota Dirk De Fauw, yang juga kepala pelabuhan Zeebrugge, berkata: "Hampir tidak mungkin" para korban masuk ke trailer di perbatasan Belgia.
 
Kepala eksekutif pelabuhan, Joachim Coens, mengatakan trailer itu tidak akan diperiksa setelah tiba. Dia katakan kepada media Belgia: "Kontainer berpendingin di zona pelabuhan sepenuhnya disegel."
 
"Selama pemeriksaan, segel diperiksa, seperti halnya plat nomor. Pengemudi diperiksa oleh kamera,” Coens menambahkan.
 
Wali Kota Dirk De Fauw mengatakan: "Setiap trailer secara sistematis diperiksa untuk mencari tanda-tanda kerusakan di luar. Kemudian disegel. Trailer difilmkan sampai berada di feri.
 
"Di terminal juga ada kamera. Melanggar segel, menempatkan 39 orang di trailer dan menyegel ulang trailer tanpa ada yang memperhatikan itu hampir mustahil," tukasnya, disitat dari Evening Standard, Jumat 25 Oktober 2019.


Diduga pelaku ditahan


Seorang pria berusia 25 tahun masih ditahan karena dicurigai melakukan pembunuhan atas penemuan mengerikan di kawasan industri di Grays, Inggris.
 
Detektif diberi lebih banyak waktu untuk menanyai pengemudi truk, yang disebut sebagai Mo Robinson asal Irlandia Utara. Semua yang ditemukan tewas di trailer diyakini warga negara Tiongkok.
 
Pada Kamis malam, 11 korban pertama dipindahkan oleh ambulans pribadi dengan pengawalan polisi dari Pelabuhan Tilbury ke Rumah Sakit Broomfield di Chelmsford.
 
Mayat yang tersisa akan diangkut secara bertahap, dengan polisi mengharapkan semua korban dipindahkan ke rumah sakit pada akhir pekan. Pemeriksaan post-mortem akan dilakukan, tetapi polisi memperingatkan penyelidikan memakan waktu "cukup lama".
 
Kepala Polisi Essex, Constable Ben-Julian Harrington mengatakan dia memiliki "kepercayaan penuh" pada para perwiranya ketika pasukan memimpin penyelidikan pembunuhan terbesar yang pernah ada.
 
Polisi Irlandia sedang melakukan penyelidikan lanjutan terkait pendaftaran dan pergerakan kontainer berpendingin dan truk milik Irlandia. Tiga alamat telah dicari di Irlandia Utara sebagai bagian dari penyelidikan.

Operator truk dirugikan


Anggota dewan, Paul Berry, mengatakan desa Laurelvale, tempat keluarga Robinson tinggal, benar-benar terkejut. Perusahaan Irlandia, Global Trailer Rentals Ltd (GTR) mengonfirmasi bahwa ia memiliki bagian truk yang didinginkan.
 
Seorang juru bicara mengatakan perusahaan itu ‘dihancurkan’ oleh berita tersebut. Perusahaan itu mengatakan trailer itu telah disewa pada 15 Oktober dari halaman persewaannya di Co Monaghan, di Republik Irlandia, dengan tarif GBP237 atau Rp4,3 juta sepekan.
 
Trailer tiba di Purfleet dari Zeebrugge di Belgia sekitar pukul 12.30 Rabu waktu setempat. Bagian depan, yang terpasang sebagai traktor, berasal dari Irlandia Utara melintasi Holyhead di Wales Utara pada Minggu.
 
Truk dan trailer itu meninggalkan pelabuhan di Purfleet tak lama setelah pukul 1.05 dini hari dan para petugas dipanggil ke Waterglade Industrial Park di Eastern Avenue di Grays pukul 1.40.
 
Pertanyaan telah diajukan tentang ketika para korban memasuki trailer berpendingin bersegel, di mana suhu bisa serendah minus 25C.
 
Seorang juru bicara untuk Port, yang mengoperasikan terminal di Purfleet dan Zeebrugge, mengatakan perusahaan itu akan ‘sepenuhnya membantu’ penyelidikan polisi.
 
Duta Besar Tiongkok untuk Inggris, Lui Xioaming, mengatakan Kedutaan Besar Tiongkok telah mengirim tim ke Greys untuk bertemu polisi.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif