PBB akan membahas penurunna ketegangan Iran-AS. (Foto: AFP).
PBB akan membahas penurunna ketegangan Iran-AS. (Foto: AFP).

Ketegangan AS-Iran Prioritas di Sidang Umum PBB

Internasional as-iran
Marcheilla Ariesta • 23 September 2019 12:25
New York: Menteri Luar Negeri Prancis, Jean-Yves Le Drian mengatakan ketegangan Amerika Serikat (AS) dan Iran menjadi salah satu prioritas di Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Namun, yang menjadi prioritas adalah penurunan ketegangannya.
 
"Pertemuan antara Presiden Donald Trump dan Presiden Hassan Rouhani bukan prioritas utama. Prioritas kami adalah apakah kita dapat memulai kembali jalur menurunkan ketegangan," katanya kepada awak media, dilansir dari Middle East Monitor, Senin, 23 September 2019.
 
Prancis memimpin upaya Eropa untuk mencoba meredakan ketegangan antara Washington dan Teheran. Meski demikian, upaya mereka terhenti karena Iran mengurangi komitmennya pada perjanjian nuklir 2015.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketegangan Iran dan AS kembali memanas pertengahan tahun ini. Dimulai dengan penyerangan kapal tanker minyak, kemudian yang terakhir serangan terhadap kilang minyak Arab Saudi.
 
Washington dan Riyadh menuding Iran sebagai pelaku penyerangan kilang minyak di Abqaiq dan Khurais, meski pemberontak Houthi asal Yaman adalah pihak yang mengklaim serangan. Teheran menyangkal tuduhan tersebut.
 
AS telah mengirim pasukan tambahan ke wilayah Teluk dalam merespons serangan kilang minyak. Presiden Iran Hassan Rouhani meresponsnya lewat pidato, dan meminta agar seluruh pasukan asing untuk menjauhi wilayah Teluk.
 
"Pasukan asing dapat menyebabkan masalah keamanan bagi warga kita dan juga wilayah ini," ujar Rouhani.
 
"Semakin jauh kalian semua menjauh dari kawasan dan negara kami, maka keamanan akan semakin terjaga," kata Rouhani.
 
Washington mengklaim pengiriman tambahan pasukan merupakan permintaan langsung Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif