Sejumlah warga menaiki ekskavator di tengah banjir di Redovan, Spanyol, 13 September 2019. (Foto: AFP/JOSE JORDAN)
Sejumlah warga menaiki ekskavator di tengah banjir di Redovan, Spanyol, 13 September 2019. (Foto: AFP/JOSE JORDAN)

Banjir Bandang di Spanyol Tewaskan Lima Orang

Internasional banjir bandang spanyol
Willy Haryono • 14 September 2019 11:00
Valencia: Sedikitnya lima orang tewas dan 3.500 dievakuasi dari rumah mereka usai banjir bandang melanda sejumlah wilayah di Spanyol tenggara.
 
Dilansir dari laman BBC, Sabtu 14 September 2019, sejumlah sungai dikabarkan meluap di Valencia, Murcia dan juga Andalucia timur akibat tingginya curah hujan.
 
Tiga dari lima korban tewas adalah mereka yang kendaraannya tersapu banjir bandang. Sementara satu pria lainnya tewas usai terjebak di dalam terowongan jalan raya yang dipenuhi air.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara korban tewas kelima ditemukan di desa Redovan di Valencia. Ia dikabarkan meninggal usai meninggalkan rumahnya dengan berjalan kaki pada Jumat 13 September.
 
Selain banjir bandang, hujan deras juga mengganggu sektor transportasi di Spanyol. Dua bandara di Murcia dan Almeria terpaksa ditutup dengan alasan keamanan, yang otomatis membuat ratusan hingga ribuan calon penumpang pesawat telantar.
 
Ribuan polisi, petugas pemadam kebakaran dan prajurit Spanyol telah dikerahkan untuk membantu masyarakat. Beberapa dari mereka datang ke area terdampak banjir dengan menggunakan kapal dan helikopter.
 
Seorang petugas mengaku melihat dan menyelamatkan satu korban yang berpegangan erat di sebuah papan lalu lintas di tengah banjir.
 
Beberapa perlintasan rel di Spanyol tenggara tergenang banjir sehingga perjalanan kereta terhenti. Banyak sekolah juga memutuskan tutup karena buruknya kondisi cuaca.
 
Menurut laporan AFP, sekitar 689 ribu siswa usia sekolah di Valencia diliburkan hingga kondisi cuaca membaik.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif