Pesawat Air Canada yang mendarat darurat di Bandara Madrid-Barajas. Foto: AFP
Pesawat Air Canada yang mendarat darurat di Bandara Madrid-Barajas. Foto: AFP

Mesin Rusak, Pesawat Air Canada Mendarat Darurat di Madrid

Internasional pesawat spanyol
Arpan Rahman • 04 Februari 2020 12:57
Madrid: Sebuah Boeing 767 dengan 136 orang di dalamnya dengan aman melakukan pendaratan darurat di Madrid, Spanyol. Sebelumnya pesawat itu mengitari bandara selama empat jam dengan mesin rusak dan ban pecah.
 
Penerbangan Air Canada ke Toronto menghubungi menara pengawas lalu lintas udara tentang masalah 30 menit setelah lepas landas dari bandara Madrid-Barajas di ibu kota Spanyol pada Senin 3 Februari 2020.
 
Pesawat terpaksa menghabiskan bahan bakar untuk meringankan beban sebelum mendarat dengan aman di bandara yang sama. Itu melegakan semua 128 penumpang dan delapan awak di dalamnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pendaratan kasar yang cukup menakutkan, tapi kami berhasil," kata seorang penumpang yang mengunggah foto api dan kepulan asap dari mesin kiri pesawat.
 
Brock Mierzejewski, sedang dalam penerbangan ke Toronto bersama orangtuanya, berkata: "Kami masih sedikit terkejut tetapi senang bisa selamat."
 
"Jelas banyak ketegangan gugup saat kami berada di udara, tetapi pilot melakukan pekerjaan yang luar biasa mendaratkan pesawat," tambahnya, dilansir dari The Independent, Selasa 4 Februari 2020.
 
Pesawat itu dengan cepat dikelilingi oleh kendaraan darurat, truk pemadam kebakaran, dan ambulans ketika berhenti di landasan.
 
Otoritas navigasi udara Spanyol, Enaire, mengatakan roda pendaratan pesawat tidak terlipat dengan benar saat lepas landas dan sebagian mungkin jatuh dan masuk ke dalam mesin.
 
Kementerian Pertahanan Spanyol mengirim jet tempur F18 untuk mengevaluasi kerusakan sebelum pesawat diizinkan mendarat. Rangkaian video pesawat yang berputar kurang dari satu kilometer di atas Madrid diunggah di media sosial oleh penduduk.
 
Air Canada mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pesawat berputar selama empat jam "untuk menghabiskan bahan bakar dan meringankan pesawat demi pendaratan yang aman" di Madrid.
 
"Pesawat, Boeing 767-300, dirancang untuk beroperasi dengan aman dengan satu mesin dan pilot kami terlatih secara profesional dan penuh untuk acara ini," tambah maskapai itu.
 
Air Canada mengatakan tidak ada yang dilaporkan cedera dan mengindikasikan pelanggan akan diinapkan ke hotel dan dipesan ulang pada penerbangan lain.
 
Insiden itu terjadi hanya beberapa jam setelah sebuah drone yang terlihat di dekat area lepas landas di bandara menyebabkan gangguan singkat, dengan 26 penerbangan dialihkan dari Bandara Barajas.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif