Diprotes, Presiden Prancis Tegaskan Harga BBM Tetap Naik
Presiden Prancis Emmanuel Macron tegaskan harga BBM di negaranya tetap naik. (Foto: AFP).
Buenos Aires: Presiden Prancis Emmanuel Macron terus dihadapkan pada aksi protes terkait rencana reformasi pajaknya. Dia juga menegaskan bahwa harga bahan bakar minyak tetap naik imbas dari reformasi ini.

Berada di Buenos Aires, Argentina untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi G20 (KTT G20), Macron bersikeras bahwa dia akan ‘tidak pernah mundur’ dan menyebut dirinya sebagai suara progresif di panggung global.

Macron mengatakan dia mendengar "kemarahan, ketidaksabaran, penderitaan sebagian dari orang-orang yang ingin hidup lebih baik, lebih cepat." Namun dia mengatakan dia akan melanjutkan proses reformasi dengan niat kuat.  Dirinya pun akan tetap melakukan program ini “tanpa menyerah pada ambisi" atau "menyerah pada hasutan."


"Ini tergantung pada saya untuk membuat keputusan tambahan dalam beberapa minggu dan bulan mendatang. Tetapi (protes) mereka tidak akan pernah mundur tetapi untuk saat ini, lebih intens," kata Macron kepada masyarakat Prancis di Buenos Aires, seperti dikutip AFP, Jumat, 30 November 2018.

Macron tidak menyebutkan secara langsung tentang "rompi kuning", gerakan yang berkembang di Prancis para pemrotes yang mengenakan jaket pekerja panggilan darurat yang mudah dikenali.

Demonstrasi dipicu oleh kenaikan pajak bahan bakar oleh Macron. Kebijakan ini merupakan suatu ukuran yang dia yakini diperlukan untuk mengatasi tantangan perubahan iklim yang semakin mendesak namun masih sangat panjang. Tetapi yang lawan politiknya mengatakan bahwa kelompok warga miskin menjadi korban langsung dalam kebijakan ini.

Macron, yang menghadiri pertemuan puncak bersama Presiden AS Donald Trump, sekali lagi menempatkan dirinya sebagai seorang jagoan kebijakan internasional yang memandang ke depan.

"Banyak yang ingin berpikir bahwa kita dapat menyelesaikan kesulitan kita lebih baik dengan bersikap agresif dan isolasionis dan dengan menutup perbatasan kita," katanya.

Dia malah membela globalisasi, yang dia katakan "telah secara besar-besaran mengurangi kemiskinan di seluruh dunia dan telah membuat dunia lebih tenang daripada yang diharapkan."



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id