Joko Widodo dan Ma'ruf Amin ditetapkan KPU sebagai pemenang pilpres 2019. (Foto: AFP)
Joko Widodo dan Ma'ruf Amin ditetapkan KPU sebagai pemenang pilpres 2019. (Foto: AFP)

RI Mitra Penting, Inggris Ucapkan Selamat ke Jokowi

Internasional pilpres 2019
Sonya Michaella • 22 Mei 2019 12:08
London: Menteri Muda Inggris Urusan Asia Pasifik, Mark Field, mengucapkan selamat atas terpilihnya Joko Widodo untuk kedua kalinya sebagai presiden Indonesia.
 
"Inggris akan terus bekerja sama dengan Indonesia untuk membangun persahabatan memasuki 70 tahun hubungan diplomatik Inggris dan Indonesia," tulis Field di akun Twitter-nya @MarkFieldUK.
 
Ucapan selamat juga datang dari Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik, yang menyebut Indonesia adalah mitra penting bagi Inggris.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Selamat atas terpilihnya kembali Pak @jokowi sbg Presiden RI dan KH Ma'ruf Amin sbg Wapres. Semoga sukses. Indonesia adalah mitra penting bagi Inggris dan kami berkomitmen terus tingkatkan kemitraan menuju kemakmuran bersama!" tulis Moazzam di akun Twitternya.
 
Sementara itu, dalam deklarasi kemenangannya, Jokowi bangga atas lancarnya pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang dilakukan secara serentak. Menurut, dia pesta demokrasi tahun ini berhasil dilaksanakan dengan damai.
 
Jokowi menilai kelancaran Pemilu 2019 ini menjadi bukti Indonesia sudah menjadi bangsa yang dewasa dalam berdemokrasi. Untuk itu, pencapaian itu patut diapresiasi seluruh lapisan masyarakat.
 
KPU menetapkan total pemilih di dalam maupun luar negeri sebanyak 199.987.870 warga. Sebanyak 158.012.506 pemilih menggunakan hak suaranya sehingga bisa dikatakan partisipasi pemilih dalam pilpres mencapai 81,97 persen.
 
Hasil rekap dalam berita acara yang dibacakan Komisioner KPU, Evi Novida Ginting Manik, Jokowi-Ma'ruf memperoleh 85.607.362 (55,50%) suara sementara paslon Prabowo-Sandi memperoleh 68.650.239 (44,50%) suara.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif