Grafik gempa bumi yang ditunjukkan alat seismograf milik USGS. AFP PHOTO / USGS
Grafik gempa bumi yang ditunjukkan alat seismograf milik USGS. AFP PHOTO / USGS

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Pulau Kreta Yunani

Internasional gempa bumi yunani
Arpan Rahman • 31 Juli 2019 14:54
Heraklion: Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,3 mengguncang Pulau Kreta di Yunani, Rabu 31 Juli 2019. Guncangan terjadi menjelang pukul 08.00 waktu Yunani.
 
Ini merupakan gempa kedua di Yunani sepanjang bulan ini. Gempa dengan magnitudo yang sama telah melanda Athena pada Minggu 28 Juli.
 
Guncangan kali kedua ini melanda kota pelabuhan Heraklion, yang merupakan ibu kota dari pulau Kreta. Kedalaman gempa dilaporkan mencapai 80 kilometer.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Stephen Davies, yang pindah dari Hampshire ke Perivolia pada 2015, mengatakan kepada Mirror Online bahwa dirinya mendengar suara kencang di luar rumahnya sekitar pukul 07.40.
 
"Beberapa detik setelahnya seluruh rumah saya bergetar," kata Davies, dirilis dari Mirror.
 
Turis bernama Martin Smith dan istrinya, Kate, terbangun dari tidur mereka akibat merasakan guncangan. "Berlangsung selama beberapa detik, dan sudah jelas itu adalah gempa," tutur Smith.
 
Kate menuturkan dirinya sedang berada di atas kasur di lantai dua saat gempa terjadi. "Ranjang dan lemari baju saya bergetar, dan saya langsung yakin ini adalah gempa bumi," ucap Kate.
 
Peristiwa ini terjadi 12 hari usai gempa magnitudo 5,3 melanda Athena. Sedikitnya satu bangunan roboh terkena dampak gempa yang terjadi pada 28 Juli sekitar pukul 14.00 waktu Yunani.
 
Getaran kuat terasa hingga ke dalam Bandara Internasional Athena dan banyak turis di seantero Yunani kala itu.
 
Tia Cotterill, yang sedang berwisata ke Yunani di musim panas tahun ini, sedang berada di jalanan Athena bersama temannya saat gempa terjadi. "Kami sedang memesan makan saat merasakan guncangan itu. Sebuah lampu jatuh tepat di samping saya," ujar Cotterill.
 
Pulau Kreta adalah salah satu situs wisata ternama di Yunani. Negeri Para Dewa ini telah menarik sekitar 33 juta pengunjung tahun lalu.
 
Baca:Gempa 5,2 SR Guncang Yunani-Albania, 5 Orang Terluka
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif