Paket heroin yang berhasil disita diperlihatkan NCA di Felixtowe, Inggris, 3 September 2019 (Foto: AFP/NCA/HANDOUT)
Paket heroin yang berhasil disita diperlihatkan NCA di Felixtowe, Inggris, 3 September 2019 (Foto: AFP/NCA/HANDOUT)

Selundupkan Narkoba Rp658 M di Truk Sayur, 13 Orang Ditangkap

Internasional narkotika internasional inggris
Arpan Rahman • 09 Oktober 2019 11:48
London: Tiga belas orang ditangkap atas dugaan menyelundupkan narkotika dan obat-obatan terlarang dengan nilai jutaan poundsterling ke Inggris.
 
Belasan pria tersebut, berusia antara 24 dan 59 tahun, ditangkap di sejumlah tempat berbeda, yakni London, Manchester, Stockport, St Helens, Warrington, Bolton, Dewsbury dan Leeds.
 
Mereka semua diduga telah menyelundupkan narkoba melalui sejumlah pelabuhan di Inggris selama periode 18 bulan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Otoritas Inggris meyakini belasan pria itu adalah bagian dari sebuah grup yang menggunakan sejumlah perusahaan Inggris dan Belanda sebagai kedok untuk mengimpor heroin, kokain dan daun ganja. Paket narkoba itu biasa disembunyikan di dalam truk bermuatan sayur dan jus buah.
 
Operasi penyelundupan narkoba tersebut terungkap sepenuhnya pada September tahun lalu, saat petugas berhasil mencegat tiga paket besar narkoba. Ketiga paket berisi 351 kilogram kokain, 92 kg heroin, 250 kg ganja dan 1.850 kg hashish.
 
Total nilai tiga paket narkoba tersebut mencapai GBP38 juta atau setara Rp658 miliar.
 
Badan Kejahatan Nasional Inggris (NCA) meyakini mereka telah berhasil menggagalkan impor narkoba senilai miliaran pound. Empat pria dan dua perempuan terkait peredaran narkoba tersebut telah ditangkap Kepolisian Nasional Belanda pada April lalu. Mereka sedang menanti proses ekstradisi ke Inggris.
 
"Menghentikan kriminal yang tidak peduli terhadap kerusakan yang mereka timbulkan di tengah masyarakat adalah prioritas kami," kata Jayne Llyod, kepala regional NCA, dilansir dari Sky News, Selasa 8 Oktober 2019.
 
"Kami menduga belasan pria ini terlibat dalam operasi berskala industri. Ini merupakan salah satu kasus peredaran narkoba terbesar yang berhasil dibongkar di Inggris," sambung dia.
 
Penangkapan 13 pria di Inggris ini merupakan usaha keras NCA, yang juga didukung Europol, Eurojust, Biro Investigasi Nasional Finlandia, dan lainnya.
 
Dalam operasi NCA sebelumnya, 13 orang telah dijebloskan ke penjara atas upaya penyelundupan heroin seberat 100 kg pada 2015
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif