Perundingan Damai Yaman Dilakukan di Swedia
Konflik di Yaman. (Foto: AFP).
Stockholm: Perundingan damai antara pemerintah Yaman dan pemberontak akan dilakukan di Swedia. Pembicaraan ini akan ditengahi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Rimbo.

Sumber PBB mengatakan pertemuan tersebut bertujuan untuk membangun kepercayaan antara kedua pihak. Meski demikian, analis dan diplomat mengatakan mereka tidak mengharapkan adanya terobosan dari pembicaraan ini.

"Saya akan memiliki harapan yang sangat rendah terhadap pertemuan ini," kata seorang diplomat Dewan Keamanan PBB, dilansir dari AFP, Kamis 6 Desember 2018.


Tanggal perundingan damai masih belum ditetapkan. Namun, pemerintah Yaman mengirimkan 12 orang delegasi. Menteri Luar Negeri Khaled al-Yamani yang memimpin delegasi tersebut.

Namun, para pemberontak menolak meninggalkan Sanaa karena ketakutan tidak bisa kembali ke wilayah itu.

Meski demikian, Selasa lalu pemerintah Yaman dan pemberontak Houthi menyetujui pertukaran tahanan. Hal ini akan diawasi Komite Internasional Palang Merah dan terjadi usai perundingan di Swedia.

Konflik di Yaman terjadi sejak 2014. PBB menyebut konflik di sana sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia. 

Pasalnya, anak-anak sekarat karena kelaparan, penyakit dan perang. Bahkan, ada yang direkrut sebagai tentara dan dijadikan korban sebagai pelaku bom setiap harinya.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id