Panitia PPLN di Finlandia mempersiapkan kebutuhan jelang pemungutan suara. (Foto: KBRI Helsinki).
Panitia PPLN di Finlandia mempersiapkan kebutuhan jelang pemungutan suara. (Foto: KBRI Helsinki).

Suhu Dingin Tak Cegah WNI di Finlandia untuk Memilih

Internasional pilpres 2019
Fajar Nugraha • 15 April 2019 14:05
Helsinki: Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Finlandia dan Estonia beramai-ramai mendatangi Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) 001 Helsinki yang berada di KBRI Helsinki untuk merayakan pesta demokrasi Pemilihan Umum 2019.
 
Pemilu serentak kali ini diselenggarakan untuk memilih Calon Presiden dan Wakil Presiden RI serta Calon anggota DPR RI Dapil Jakarta II. Kegiatan Pemungutan Suara Pemilu 2019 di KBRI Helsinki telah berlangsung dengan tertib, aman, dan lancar.
 
Jumlah total pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN) Helsinki kali ini adalah 596 orang yang terdiri dari 211 orang menggunakan metode TPSLN dan 385 orang menggunakan metode Pos.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sejak dibukanya TPSLN Sabtu 13 April pukul 08:00 waktu setempat, WNI yang bermukim dan berada di Finlandia dan Estonia mendatangi KBRI Helsinki untuk menyalurkan hak suaranya. Suhu 2 derajat Celsius tidak menyurutkan antusiasme para WNI untuk tetap datang memberikan hak suaranya,” keterangan pihak KBRI Helsinki, dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Senin, 15 April 2019.
 
“Jumlah pemilih yang hadir adalah sebanyak 178 orang atau 84 persen dari pemilih dalam DPTLN. Selain itu terdapat 9 orang dalam DPTbLN dan 8 orang dalam DPKLN yang juga datang dalam pemungutan suara kali ini,” imbuh pernyataan itu.
 
Suhu Dingin Tak Cegah WNI di Finlandia untuk Memilih
WNI di Helsinki, Finlandia mengantre untuk memberikan pilihan. (Foto: KBRI Helsinki).
 
Para WNI di luar negeri juga diperbolehkan untuk memberikan suaranya melalui Pos. Hingga 13 April 2019 pukul 18:00 EEST jumlah pemilih yang mengirimkan surat suaranya adalah sebanyak 221 orang. Jumlah tersebut akan terus bertambah hingga penutupan penerimaan surat suara metode Pos sebelum Rapat Penghitungan Suara dimulai pada 17 April 2019.
 
Selanjutnya kegiatan Penghitungan Suara pada PPLN Helsinki akan diselenggarakan pada hari Rabu, 17 April 2019, pukul 13:00 EEST bertempat di KBRI Helsinki.
 
Selain mengikuti kegiatan Pemilu, para warga yang memilih juga berkesempatan untuk temu kangen dengan masyarakat Indonesia lainnya dan berwisata kuliner dalam acara Bazaar Rakyat yang diselenggarakan di KBRI Helsinki.
 
Masyarakat Indonesia yang hadir mengaku senang dapat berpartisipasi dalam Pemilu di luar negeri dan berharap semoga pesta demokrasi lima tahunan ini dapat berjalan dengan damai dan tentram, serta membawa kebahagiaan bagi rakyat Indonesia.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif