Personel militer membantu memasang barikade banjir di West Yorkshire, Inggris, Sabtu 15 Februari 2020. (Foto: Oli Scarff/AFP via Getty Images)
Personel militer membantu memasang barikade banjir di West Yorkshire, Inggris, Sabtu 15 Februari 2020. (Foto: Oli Scarff/AFP via Getty Images)

Badai Dennis Landa Britania Raya, Dua Tewas

Internasional topan badai inggris
Willy Haryono • 16 Februari 2020 12:06
London: Badai Dennis melanda seantero Britania Raya sepanjang akhir pekan ini dan menewaskan sedikitnya dua orang di lepas pantai Inggris bagian tenggara. Jasad keduanya ditemukan di wilayah pesisir.
 
Badan Meteorologi Inggris (Met Office) telah mengeluarkan peringatan hujan deras untuk sejumlah area di Inggris dan juga Wales.
 
"Ada risiko banjir yang dipicu Badai Dennis untuk beberapa wilayah Inggris, Wales dan juga Skotlandia. Melelehnya salju juga akan memperburuk ancaman banjir," kata Steve Willington, kepala unit meteorologi Met Office, dilansir dari Daily Mail, Minggu 16 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain berpotensi memicu banjir, Badai Dennis juga dipastikan mengganggu sejumlah jadwal perjalanan moda transportasi. Ratusan penerbangan dari dan menuju Inggris telah dibatalkan. Sementara pesawat yang sudah berada di udara mengalami pendaratan yang kurang mulus di tengah badai.
 
Met Office juga mengatakan bahwa layanan bus dan kereta api di seantero Britania Raya kemungkinan akan dibatalkan atau ditunda.
 
Menurut artikel The Washington Post, Badai Dennis kini telah menjadi satu dari lima siklon non-tropis di Samudra Atlantik Utara. Badai Dennis datang hanya beberapa hari usai Badai Ciara melanda Inggris utara, yang memicu banjir serta pemadaman aliran listrik.
 
Sedikitnya delapan orang tewas saat Badai Ciara melanda Inggris dan beberapa negara lainnya di Eropa. Otoritas Inggris khawatir Badai Dennis masih akan memicu lebih banyak banjir dan merusak banyak infrastruktur.
 
Sabtu kemarin, sekitar 145 personel militer Inggris membantu masyarakat West Yorkshire dalam memperbaiki sejumlah bangunan yang rusak diterjang Badai Dennis. "Pasukan kami selalu siap membantu otoritas dan masyarakat lokal," ucap Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace.
 
"Respons cepat dari personel militer akan membantu penyaluran bantuan kepada masyarakat di West Yorkshire," lanjutnya.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif