Janda korban kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines, Nadege Dubois-Seex, menuntut ganti rugi pada Boeing. (Foto: AFP).
Janda korban kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines, Nadege Dubois-Seex, menuntut ganti rugi pada Boeing. (Foto: AFP).

Janda Korban Ethiopian Airlines Minta Ganti Rugi Rp3,9 Triliun

Internasional boeing kecelakaan ethiopian airlines
Marcheilla Ariesta • 23 Mei 2019 12:15
Paris: Janda korban pesawat jatuh Ethiopian Airlines mengajukan gugatan ganti rugi senilai USD276 juta atau sekitar Rp3,9 triliun. Gugatan ditujukan untuk produsen pesawat Ethiopia Airlines 737 Max 8, yakni Boeing.
 
"Itu adalah tragedi yang, menurut definisi, bisa dihindari, karena lima bulan sebelumnya telah terjadi. Bagaimana mereka bisa tetap tuli terhadap peringatan ini?" kata Nadege Dubois-Seex, janda dari Jonathan Seex yang tewas dalam kecelakaan pesawat itu pada Maret lalu, dilansir dari CNN, Kamis, 23 Mei 2019.
 
Pernyataan Nadege merujuk pada jatuhnya pesawat Lion Air pada Oktober lalu yang menewaskan 189 orang. Pesawat milik maskapai Indonesia tersebut berjenis sama dengan yang ditumpangi suaminya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada Sabtu lalu, Boeing mengakui mereka harus memperbaiki kekurangan dalam perangkat lunak simulator penerbangan yang digunakan untuk melatih pilot pada 737 Max. Namun mereka tidak membagikan kapan atau bagaimana kelemahan itu ditemukan.
 
Pengakuan cacat simulator-perangkat lunak datang di tengah pengawasan ketat pada Boeing dan desain 737 Max. Perangkat lunak MCAS pesawat diduga berperan penting atas kecelakaan dua pesawat berjenis sama tersebut.
 
"Kehidupan suami saya diambil dan mereka sadar itu. Namun, Boeing bertindak dengan sinis. Suami saya, kerusakan sistem, strategi bisnis," imbuhnya.
 
Sementara itu, juru bicara Beoing, Peter Pedraza menolak mengomentari gugatan tersebut. Dia mengatakan perusahaan akan bekerja sama sepenuhnya dalam investigasi terhadap kecelakaan Ethiopian Airlines.
 
Ethiopian Airlines terjatuh pada Maret 2019 lalu. Sebanyak 157 penumpang dan awak kapal tewas akibat kecelakaan ini.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif