Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins (Foto: Medcom.id/Sonya Michaella)
Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins (Foto: Medcom.id/Sonya Michaella)

Usai Brexit, Inggris Yakin Tingkatkan Kerja Sama dengan RI

Internasional brexit
Sonya Michaella • 14 Agustus 2019 18:11
Jakarta: Duta Besar Inggris untuk Indonesia yang baru, Owen Jenkins, meyakini hubungan ekonomi Inggris dan Indonesia akan terus meningkat usai keputusan Britain Exit (Brexit), 31 Oktober mendatang.
 
“Setelah Brexit, kami yakin hubungan ekonomi dengan Indonesia tidak akan merosot tetapi kami akan terus meningkatkan kerja sama tersebut,” kata Jenkins di Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, Rabu 14 Agustus 2019.
 
Jenkins menambahkan, kerja sama ekonomi, perdagangan dan investasi yang kini telah berjalan dengan Indonesia justru akan meningkat seiring bebasnya Inggris dari Uni Eropa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Saya percaya, banyak kesepakatan ekonomi dan investasi Indonesia akan tercipta nanti setelah Brexit,” ungkap dia.
 
Ngotot untuk tetap keluar dari Uni Eropa tanpa atau dengan kesepakatan, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson juga bertekad untuk menghapus kesepakatan perjanjian jaminan perbatasan Inggris dengan Irlandia usai Brexit.
 
Namun, gagasan ini ditolak sejumlah pejabat Uni Eropa. Ketua negosiator Uni Eropa Michel Barnier mengatakan, ide Johnson tidak dapat diterima.
 
Johnson, menggantikan Theresa May menjadi PM Inggris berkomitmen untuk menarik Inggris keluar dari Uni Eropa pada 31 Oktober mendatang, walaupun tanpa kesepakatan.
 
"Tidak ada negara yang tidak menghargai kemerdekaannya dan tentu saja harga dirinya. Halangan --perbatasan Irlandia-- seperti ini harus dihapuskan," pungkas Johnson.
 

(WAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif