RI-Irlandia Sepakat Bangun Kerja Sama Lebih Tinggi
Dubes RI untuk Inggris dan Irlandia Rizal Sukma (kedua dari kiri) bersama delegasi Irlandia. (Foto: Dok. KBRI London)
Dublin: Membangun kesadaran publik Indonesia tentang Irlandia memang perlu ditingkatkan. Hal ini yang ditekankan Duta Besar RI untuk Inggris dan Irlandia, Rizal Sukma.

Tak banyak publik tahu bahwa Indonesia juga memiliki hubungan bilateral dengan Irlandia. Oleh sebab itu, Dubes Rizal ingin terus meningkatkan kerja sama dengan Irlandia.

"Saya yakin Indonesia dan Irlandia siap memanfaatkan berbagai peluang kerja sama di masa depan," kata Dubes Rizal, dalam keterangan tertulisnya kepada Medcom.id, Senin 24 September 2018.

"Promosi Indonesia sangat penting untuk warga Irlandia. Terlebih Indonesia tak hanya Bali. Sejak diberlakukan kebijakan bebas visa, terlihat jumlah wisatawan Irlandia ke Indonesia, meningkat," ucap dia.

Kerja sama Indonesia dan Irlandia di bidang pendidikan juga merupakan salah satu hal yang penting. Meski jumlah mahasiswa Indonesia di Irlandia belum terlalu banyak, namun pertumbuhan minat pelajar Indonesia melanjutkan sekolah ke Irlandia, semakin meningkat.

Baru-baru ini, ditandatangani pula kerja sama pendidikan dua negara di beberapa bidang, antara lain teknologi pangan, teknologi informatika, kedokteran, keuangan dan telekomunikasi.

Di bidang multilateral, Dubes Rizal menjelaskan bahwa Indonesia dan Irlandia sama-sama memiliki perhatian tinggi dalam pemeliharaan perdamaian dan keamanan global.

"Saat ini pasukan perdamaian Indonesia dan Irlandia bekerja berdampingan di Lebanon," tutur dia.

Dubes Rizal juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Irlandia atas dukungannya terhadap pencalonan Indonesia sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB).


(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id