Delegasi Korut tiba di bandara Arlanda di utara Stockholm,. Swedia, Kamis 3 Oktober 2019. (Foto: JONATHAN NACKSTRAND/AFP/GETTY)
Delegasi Korut tiba di bandara Arlanda di utara Stockholm,. Swedia, Kamis 3 Oktober 2019. (Foto: JONATHAN NACKSTRAND/AFP/GETTY)

Korut Tolak Dialog Hingga AS Hentikan Sikap Bermusuhan

Internasional korea utara Amerika Serikat-Korea Utara
Arpan Rahman • 07 Oktober 2019 15:05
Stockholm: Korea Utara menolak menggelar dialog lebih lanjut terkait isu nuklir sebelum Amerika Serikat mengambil "sebuah langkah substansial" dalam mengakhiri 'kebijakan bermusuhan' terhadap Pyongyang.
 
Korut juga menuding AS telah menyalahgunakan perundingan nuklir di Swedia hanya demi kepentingan politik domestik. Tidak hanya itu, Pyongyang juga kesal karena Washington mengklaim kedua negara siap bertemu lagi dalam dua pekan ke depan.
 
"Kami tidak berniat untuk menggelar negosiasi seperti ini lagi. AS harus mengambil langkah substansial untuk menghentikan secara menyeluruh kebijakan bermusuhan terhadap Korut," kata seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Korut, dalam laporan di kantor berita nasional Korean Central News Agency atau KCNA,dinukil dari UPI, Minggu 6 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selama ini, Korut telah berulang kali meminta AS untuk menghentikan 'kebijakan bermusuhan' terhadap negaranya. Namun AS dengan tegas tidak pernah menerapkan kebijakan seperti itu.
 
Jubir Kemenlu AS Morgan Ortagus mengklaim bahwa AS telah menerima undangan dari Swedia untuk kembali menggelar dialog dengan Korut di Stockholm dalam dua pekan ke depan.
 
Saat Korut ditanya apakah akan kembali ke Stockholm dalam dua pekan ke depan, utusan khusus Kim Myong-gil meminta awak media untuk melayangkan pertanyaan tersebut kepada AS.
 
Masih dari keterangan jubir Kemenlu Korut, ia menyebut masa depan dialog nuklir dan bilateral kedua negara "tergantung dari sikap AS, dan akhir tahun ini adalah tenggat waktunya."
 
Diskusi di Stockholm merupakan harapan di tengah mandeknya negosiasi nuklir antara AS dan Korut. Negosiasi tersendat meski Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-un telah tiga kali bertemu -- dua Konferensi Tingkat Tinggi dan satu pertemuan informal di Zona Demiliterisasi (DMZ).
 
Lokasi pertemuan digelar di sebuah pulau yang dijaga ketat di lepas pantai Stockholm. Pulau tersebut berjarak hanya beberapa ratus meter dari Kedutaan Besar Korut di Swedia.
 
Dialog di level serupa antara AS dan Korut telah digelar di Stockholm pada Maret 2018 dan juga Januari tahun ini.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif