Direktur Eropa I Kementerian Luar Negeri Dino Kusnadi. (Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom.id).
Direktur Eropa I Kementerian Luar Negeri Dino Kusnadi. (Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom.id).

Indonesia Antisipasi Dampak Inggris keluar dari Uni Eropa

Internasional indonesia-inggris brexit
Marcheilla Ariesta • 19 Desember 2018 17:36
Bandung: Indonesia menghargai keputusan Inggris yang akan keluar dari Uni Eropa. Direktur Eropa I Kementerian Luar Negeri Dino Kusnadi mengatakan Brexit merupakan keputusan dalam negeri Inggris.
 
"Brexit sepenuhnya urusan dalam negeri Inggris yang harus kita hargai. Kita memperhatikan apa dampaknya ke Inggris dan bagaimana bilateral dengan Inggris saat nanti mereka keluar dari Uni Eropa," kata Dino dalam acara DiploFest 2018 di Universitas Padjajaran, Bandung, Rabu 19 Desember 2018.
 
Menurut Dino, Indonesia saat ini juga mengantisipasi dampaknya ke Uni Eropa. Pasalnya, dengan keluarnya Inggris, organisasi kawasan Benua Biru itu berkurang anggotanya menjadi 27 negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saat ini kita sudah mengantisipasi dampak keluarnya Inggris dari segi ekonomi, politik dan lain sebagainya," imbuh dia.
 
Meski demikian, Dino tidak menjelaskan secara rinci langkah antisipasi yang akan dilakukan Indonesia saat Brexit terjadi.
 
Setelah melalui berbagai pertimbangan dan perundingan, Inggris diketahui dijadwalkan untuk meninggalkan Uni Eropa pada 29 Maret tahun depan. Langkah ini diambil setelah hampir tiga tahun pasca referendum Brexit, Juni 2016 lalu.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif