Ilustrasi oleh Medcom.id.
Ilustrasi oleh Medcom.id.

Bertempur Bersama Kurdi, Pria Inggris Dipenjara 4 Tahun

Internasional isis inggris kurdi
Medcom • 08 November 2019 12:08
London: Tentara Inggris yang menghadiri pelatihan senjata bersama tentara Kurdi untuk melawan kelompok militan Negara Islam (ISIS) dihukum penjara selama empat tahun.
 
Aidan James, 29, juga diberi hukuman tiga tahun tambahan karena berurusan dengan kokain sebelum dia pergi.
 
James menetap di sebuah kawasan pengungsi Irak ketika berkunjung ke Suriah pada tahun 2017. Dia menerima pelatihan senjata api dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK), sebuah kelompok teroris terlarang berdasarkan hukum Inggris.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Rekaman video menunjukkan dia belajar menembakkan AK47 di Mahkmour. Sementara, aktivitasnya juga dirinci dalam buku hariannya,” kata hakim Andrew Edis kepada pengadilan Old Bailey di London, dirilis dari The Guardian, Jumat, 8 November 2019.
 
“Kemudian, James menerima pelatihan yang jauh lebih substansial di Suriah dari Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG),” tambah Andrew.
 
Namun, dia dibebaskan dari tuduhan itu karena juri tidak yakin pelatihan itu untuk tujuan teroris. YPG pada saat itu melatih orang untuk melawan kelompok ISIS. Dalam beberapa operasi, mereka mendapat dukungan untuk Angkatan Udara Kerajaan Inggris.
 
"Kekuatan yang mereka latih adalah kekuatan pertahanan melawan ancaman mematikan dan genosida dari ISIS,” jelas hakim.
 
Pengacara James, yakni Andrew Hall memberikan keringanan dengan berpendapat bahwa ia memiliki masalah kesehatan dan kejiwaan ketika berpisah dari ibunya saat dia memutuskan untuk pergi ke Suriah.
 
Hall mengatakan kliennya tidak berniat memajukan tujuan PKK dan tidak menimbulkan ancaman yang berkelanjutan.
 
James berulang kali ditolak oleh tentara Inggris karena kesehatan mentalnya. Dia berangkat dari Inggris menuju Irak pada Agustus 2017 dan pulang ke bandara Liverpool pada Februari 2018.
 

 

 
Penulis: Rifqi Akbar
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif