Pesawat A400M milik Inggris akan dipamerkan di Indonesia. (Foto: AFP).
Pesawat A400M milik Inggris akan dipamerkan di Indonesia. (Foto: AFP).

Inggris Bakal Pamer Pesawat Angkut Canggih di Indonesia

Internasional indonesia-inggris
Marcheilla Ariesta • 11 November 2019 13:03
Jakarta: Pesawat A400M milik Angkatan Udara Inggris akan mendarat di Indonesia. Pesawat angkut ini bersifat multifungsi yang dapat mengangkut beban 37 ton dan bisa mendarat di landasan pacu dengan medan cukup terjal.
 
"A400M akan mengunjungi Indonesia pada Selasa, 12 November 2019, untuk memamerkan kemampuannya, dengan harapan Indonesia tertarik untuk membeli pesawat terkemuka ini," kata Kedutaan Inggris di Jakarta dalam pernyataan yang diterima Medcom.id, Senin, 11 November 2019.
 
Menurut mereka, Indonesia yang terletak di 'Lingkaran Api Pasifik' sangat cocok untuk menggunakan pesawat ini. Pasalnya, pesawat A400M bisa digunakan untuk memberi bantuan ke daerah terpencil saat terjadi bencana alam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal tersebut sudah dibuktikan kala pesawat ini membawa bantuan kemanusiaan dan upaya pemulihan pascabencana gempa bumi di Palu pada Oktober 2018.
 
Pesawat A400M ini merupakan pesawat angkut militer multi-nasional yang memiliki empat mesin turboprop, dengan kemampuan strategis C17 Globemaster, serta kemampuan taktis C130.
 
Rencananya, pesawat A400M akan mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, dan akan menunjukkan kemampuannya. Sejumlah pejabat pemerintah RI direncanakan hadir dalam kesempatan tersebut.
 
"Saya senang bisa menyambut kembali pesawat A400M di Jakarta. Ini adalah kunjungannya ke-4 ke Indonesia. Desainnya sangat inovatif dengan teknologi dan teknik yang sangat canggih," kata Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins.
 
A400M, kata Dubes Owen, mampu menjawab kebutuhan Indonesia pascabencana. Pasalnya, pesawat ini dapat menjangkau lokasi terpencil dan bisa juga digunakan sebagai kapal tanker garis depan.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif