PM Inggris Theresa May. (Foto: AFP)
PM Inggris Theresa May. (Foto: AFP)

PM May Mundur dari Ketua Partai Konservatif Inggris

Internasional politik inggris brexit
Willy Haryono • 08 Juni 2019 11:11
London: Perdana Menteri Inggris Theresa May mundur dari jabatan Ketua Partai Konservatif pada Jumat 7 Juni 2019. Pengunduran dirinya secara resmi memulai sebuah kontes untuk menggantikan posisi pemimpin partai.
 
PM May telah mengumumkan diri akan mundur sejak bulan lalu, usai dirinya merasa gagal menghadirkan Brexit tepat waktu. Brexit, atau Britain Exit, adalah istilah untuk keluarnya Inggris dari keanggotaan Uni Eropa.
 
Meski mundur dari jabatan Partai Konservatif Inggris atau Tory, May akan tetap menjadi PM hingga pengganti dirinya telah ditetapkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sepanjang sisa masa jabatannya ini, dia akan mengurusi sejumlah agenda domestik yang merupakan jantung dari kepemimpinannya," ujar juru bicara PM May kepada awak media, dilansir dari laman India Today.
 
Theresa May adalah sosok pemimpin yang muncul di tengah kekacauan usai referendum Brexit 2016. Tekadnya untuk menghadirkan Brexit pada akhirnya tidak terwujud.
 
Kontes untuk menggantikan posisi PM May telah memanas di Inggris sejak beberapa pekan terakhir. Para kandidat memperdebatkan mengenai Brexit, terutama mengenai apakah Inggris harus keluar dari UE dengan perjanjian atau melepaskan diri begitu saja.
 
Nominasi resmi pengganti PM May akan diumumkan pada Senin mendatang. Proses pemilihan calon ketua Partai Konservatif Inggris atau Tory diperkirakan selesai pada akhir Juli.
 
Lima tokoh awal yang menyatakan niatnya adalah Menlu Jeremy Hunt; Menteri Perkembangan Internasional Rory Stewart; Menteri Kesehatan Matt Hancock, mantan Menlu Inggris Boris Johnson; dan mantan Menteri Tenaga Kerja dan Pensiun Esther McVey.
 
Empat tokoh lainnya adalah mantan anggota kabinet Dominic Raab dan Andrea Leadsom; Menteri Muda Brexit James Cleverly; dan Mendagri Sajid Javid.
 
Presiden Amerika Serikat Donald Trump menilai kandidat yang cocok menjadi PM Inggris adalah Johnson.
 
Baca: Trump Dukung Boris Johnson Jadi PM Inggris
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif