Api di Kabin, Penumpang Pesawat di Barcelona Dievakuasi

Fajar Nugraha 03 Agustus 2018 17:54 WIB
pesawat
Api di Kabin, Penumpang Pesawat di Barcelona Dievakuasi
Api yang muncul dalam penerbangan maskapai Ryanair di Barcelona, Spanyol (Foto: The West).
Barcelona: Pengawas keamanan penerbangan tidak henti-hentinya memperingatkan bahaya baterai lithium ion dalam sebuah penerbangan. Api muncul dalam penerbangan Ryanair.
 
Api itu berasal dari pengisi daya telepon atau charger yang dibawa oleh salah seorang penumpang. Charger itu tengah mengisi telepon seluler milik penumpang dalam pesawat yang tengah berhenti di Barcelona, Spanyol.
 
Video yang beredar luas menunjukkan api membuat lubang di sebuah bagian pesawat tempat tuduk penumpang, sebelum akhirnya jatuhnya ke lantai pesawat. Kemudian api dari benda elektronik itu tambah membesar.
 
Kabin pesawat pun dipenuhi dengan kepanikan dan awak kabin pun terpaksa mengevakuasi seluruh penumpang. Mereka pun menyelamatkan diri dengan seluncur penyelamat.
 
Sangat paniknya penumpang membuat mereka melupakan prosedur keselamatan yang mengharuskan satu orang bergantian turun melalui seluncur. Pada akhirnya tampak penumpukan di seluncur penyelamat itu.
 
Seperti dilansir The West, Jumat 3 Agustus 2018, seluruh penumpang berhasil dievakuasi seluruhnya dengan selamat. Sementara awak kabin mengatasi api yang tengah terjadi.
 
Pihak Ryanair merilis pernyataan bahwa penumpang diizinkan membawa dua baterai lithium ion dalam bagasi yang dibawa ke kabin. Tetapi baterai itu harus dilindungi untuk mencegah terjadinya arus pendek.
 
Kejadian ini bukan pertama kalinya terjadi, sebelumnya Otoritas Penerbangan Amerika Serikat (FAA) menyebutkan insiden serupa pernah terjadi sekali setiap enam minggu sekali.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id