Salah satu pengungsi di Lesbos menyelamatkan diri dari kebakaran. (Foto: AFP)
Salah satu pengungsi di Lesbos menyelamatkan diri dari kebakaran. (Foto: AFP)

Kebakaran di Kamp Pengungsi Yunani, Dua Tewas

Internasional pengungsi sinabung yunani
Sonya Michaella • 30 September 2019 09:28
Athena: Setidaknya dua pengungsi tewas akibat kebakaran yang terjadi di kamp pengungsi di Yunani. Kamp ini terletak di Pulau Lesbos.
 
"Ada jasad wanita ditemukan dalam kondisi hangus di kamp Moria. Kami mendapat laporan ada satu jasad lagi, tapi belum ditemukan," kata aparat setempat, dikutip dari BBC, Senin 30 September 2019.
 
Polisi terpaksa menembakkan gas air mata ke lokasi kebakaran untuk meredakan kobaran. Ini terjadi karena petugas pemadam lamban dalam merespons kebakaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Otoritas setempat mengaku sedang menyelidiki kebakaran ini, apakah terjadi karena kecelakaan atau dinyalakan secara sengaja oleh seseorang.
 
Kamp Lesbos menampung sekitar 12 ribu pengungsi, walau sebenarnya hanya mampu menampung kapasitas di kisaran 3.000 ribu orang.
 
Pada 2018, UNHCR mendesak Yunani untuk segera memindahkan para pengungsi dan pencari suaka dari Lesbos. Namun, hingga kini Pemerintah Yunani belum mengambil tindakan konkret.
 
Dalam beberapa tahun terakhir hampir satu juta pengungsi -- mayoritas berasal dari Suriah -- bergerak ke Eropa, dengan Yunani sebagai salah satu tujuan mereka. Banyak dari mereka masuk ke Eropa dengan menyeberang dari Turki.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif