Demonstran membawa foto jurnalis Daphne Caruana Galizia dalam unjuk rasa di Valletta, Malta, 29 November 2019. (Foto: AFP/STR)
Demonstran membawa foto jurnalis Daphne Caruana Galizia dalam unjuk rasa di Valletta, Malta, 29 November 2019. (Foto: AFP/STR)

Pedemo Ingin PM Malta Secepatnya Mengundurkan Diri

Internasional Politik Malta
Marcheilla Ariesta • 03 Desember 2019 11:23
Valletta: Ribuan pengunjuk rasa berkumpul di ibu kota Malta, Valletta, dan meminta Perdana Menteri Malta Joseph Muscat untuk segera mengundurkan diri.
 
PM Muscat telah mengumumkan akan mundur pada Januari tahun depan. Namun rupanya pedemo tidak puas dengan hanya janji, dan mendorong agar PM Muscat mundur saat ini juga.
 
Selain meminta PM Muscat mundur, demonstran juga menuntut keadilan bagi Daphne Caruana Galizia, jurnalis investigasi yang tewas terbunuh pada 16 Oktober 2017.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Galizia tewas saat tengah menyelidiki dugaan korupsi di kalangan elite bisnis dan politik Malta.
 
Dalam unjuk rasa terbaru, massa melempari telur dan wortel ke arah menteri dan juga anggota parlemen yang keluar masuk gedung pemerintahan di Valletta.
 
Dikutip dari Anadolu Agency, Selasa 3 Desember 2019, tiga putra Galizia meminta agar PM Muscat diselidiki atas dugaan keterlibatan dalam pembunuhan dua tahun lalu.
 
Pembunuhan Galizia memicu kemarahan di Malta. Pedemo yang marah berulang kali turun ke jalan sejak pekan lalu.
 
"Kami menuntut agar perdana menteri segera mengundurkan diri. Dia gagal membersihkan politik di negara itu," kata salah seorang pedemo.
 
Sebelumnya pada 23 November, pengusaha Yorgen Fenech, didakwa dengan keterlibatan dalam pembunuhan Galizia. Dia diduga memiliki hubungan dan menyuap pejabat pemerintah.
 
Galizia telah menuliskan sejumlah laporan mengenai praktik korupsi yang dilakukan sekelompok politisi dan pebisnis Malta. Mobil Galizia meledak saat perempuan 53 tahun itu sedang mengemudi menuju rumahnya.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif