Ilustrasi gempa. (Foto: Medcom.id).
Ilustrasi gempa. (Foto: Medcom.id).

Setelah Albania, Kini Yunani Diguncang Gempa Kuat

Internasional Gempa Bumi
Marcheilla Ariesta • 27 November 2019 15:38
Athens: Gempa bumi yang tercatat bermagnitudo 6,0 mengguncang Pulau Kreta, Yunani. Gempa terjadi selang sehari setelah negara tetangganya, Albania dihantam gempa magnitudo 6,4.
 
Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (EMSC) mengatakan gempa terekam berada di kedalaman 56 kilometer antara Pulau Kreta dan Kythera.
 
"Belum ada laporan kerusakan yang kami terima saat ini," kata EMSC, dilansir dari Straits Times, Rabu 27 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada Selasa kemarin, gempa magnitudo 6,4 mengguncang Albania yang berbatasan langsung dengan Yunani. Sebanyak 21 orang dilaporkan tewas dan ratusan lainnya terluka.
 
Gempa di Albania disebut-sebut sebagai yang terparah dalam 30 tahun terakhir. Petugas gabungan yang terdiri dari prajurit, polisi dan relawan, masih bekerja keras menelusuri puing apartemen dan hotel di beberapa kota di pesisir Adriatic. Pencarian difokuskan di dekat episenter gempa.
 
Sebagian besar korban ditemukan di reruntuhan bangunan di Durres dan Thumane, dua kota yang berlokasi di utara ibu kota Tirana.
 
Gempa di Albania dirasakan di seantero Balkan, mulai dari Sarajevo hingga Belgrade dan kota Novi Sad di Serbia. Semenanjung Balkan terletak di dekat patahan dua lempeng tektonik, yakni Afrika dan Eurasia.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif