Sebuah kereta api melintas di Hennigsdorf dekat Berlin, Jerman, 20 September 2018. (Foto: AFP/JOHN MACDOUGALL)
Sebuah kereta api melintas di Hennigsdorf dekat Berlin, Jerman, 20 September 2018. (Foto: AFP/JOHN MACDOUGALL)

Jaringan Kereta di Jerman Lumpuh akibat Aksi Mogok

Internasional politik jerman jerman
Willy Haryono • 10 Desember 2018 15:37
Berlin: Jaringan kereta api di Jerman lumpuh akibat aksi mogok para pekerja di seantero negeri, Senin 10 Desember 2018. Aksi unjuk rasa ini berlangsung lebih kurang empat jam.

Menurut laporan media lokal, seperti dikutip dari kantor berita Sputnik, seluruh rute jarak jauh kereta di Jerman dibatalkan akibat demo. Aksi mogok juga berimbas pada jadwal keberangkatan dan kedatangan jaringan kereta bawah tanah.

Serikat Pekerja Kereta Api dan Transportasi Jerman (EVG) melakukan aksi mogok kerja hari ini, dari pukul 05.00 hingga 09.00 pagi waktu Berlin. Jaringan kereta kemudian dijadwalkan dipulihkan pada siang hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



EVG memutuskan menggelar aksi mogok setelah negosiasi dengan perusahaan Deutsche Bahn (DB) berakhir gagal. EVG menyebut aksi kali ini adalah peringatan. Para anggota EVG mengaku tidak puas dengan gaji yang diterima 160 ribu anggotanya. "Perusahaan memberikan penawaran yang tidak sesuai dengan permintaan anggota," ucap perwakilan EVG, Regina Rusch-Ziemba.

Sementara DB menilai aksi EVG terlampau berlebihan. Perusahaan mengklaim negosiasi gaji dengan EVG justru berakhir sukses.

"DB tetap siap melanjutkan negosiasi kapanpun juga. Hari ini pun dimungkinkan," tegas DB.


(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi