Menhan Jerman Ursula von der Leyen (tengah) menegaskan bahwa memorabilia Nazi tidak boleh diberi ruang dalam dunia modern. (Foto: Reuters)
Menhan Jerman Ursula von der Leyen (tengah) menegaskan bahwa memorabilia Nazi tidak boleh diberi ruang dalam dunia modern. (Foto: Reuters)

Jerman Geledah Seluruh Barak untuk Cari Memorabilia Nazi

Internasional perang dunia ii nazi
Willy Haryono • 08 Mei 2017 11:08
medcom.id, Berlin: Pemerintah Jerman memerintahkan penggeledahan ke seluruh barak setelah barang-barang era Nazi ditemukan di dua instalasi militer.
 
Kementerian Pertahanan mengatakan perintah datang langsung dari inspektur jenderal Bundeswehr (angkatan bersenjata Jerman).
 
Semua barak di Jerman akan digeledah untuk mencari material terkait Wehrmacht, pasukan yang berada di bawah kendali kepala Nazi Adolf Hitler.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penggeledahan dilakukan di tengah meningkatnya sentimen ektremisme sayap kanan di internal militer Jerman. Salah satu contohnya adalah adanya seorang prajurit yang merencanakan sebuah serangan dengan menyamar sebagai pengungsi asal Suriah.
 
Seorang perwira Jerman dengan pangkat letnan, yang mengekspresikan pandangan sayap kanannya, telah ditangkap pada akhir April. Tim jaksa di Frankfurt mengatakan tersangka berusia 28 tahun itu memiliki "latar belakang xenophobia."
 
Menteri Pertahanan Jerman Ursula von der Leyen membatalkan rencana kunjungannya ke Amerika Serikat dan bertolak ke barak tempat tersangka ditugaskan di Illkirch.
 
Di sana, ditemukan memorabilia Nazi yang dipajang di sebuah ruangan. Barang-barang itu dipajang meski ada larangan ketat untuk tidak menampilkan simbol Nazi.
 
Sementara di barak kedua, Furstenberg di Donaueschingen, ditemukan beberapa helm era Nazi di sebuah lemari. Situs berita Spiegel melaporkan bahwa di sana juga ditemukan foto-foto prajurit Wehrmacht, pistol Nazi dan dekorasi lainnya.
 
Jerman Geledah Seluruh Barak untuk Cari Memorabilia Nazi
Grafiti bertuliskan "Nazi Keluar!" di sebuah barak di Donaueschingen. (Foto: EPA)
 
Juru bicara Kemenhan Jerman mengatakan kepada Reuters bahwa barang-barang yang ditemukan di Furstenberg tidak meliputi objek Nazi yang dapat berujung hukuman penjara bagi pemiliknya. Salah satu objek yang dilarang itu adalah simbol swastika.
 
Von der Leyen menegaskan dirinya tidak akan memberikan ruang bagi penghormatan terhadap Wehrmacht di militer modern Jerman.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif