Prajurit Rusia melakukan penjagaan di lokasi penembakan. Foto: BBC
Prajurit Rusia melakukan penjagaan di lokasi penembakan. Foto: BBC

Penembakan di Lingkungan Kantor Intel Rusia, 1 Tewas

Internasional penembakan rusia
Fajar Nugraha • 20 Desember 2019 05:13
Moskow: Setidaknya satu orang dilaporkan tewas di Moskow, Rusia setelah seorang penembak melepaskan tembakan Kamis malam di markas besar Layanan Keamanan Federal Rusia, atau FSB. Baku tembak meletus di luar kantor agen mata-mata Rusia di Lapangan Lubyanka.
 
Seorang petugas keamanan Layanan Keamanan Federal menderita luka fatal dalam baku tembak ini, sementara pelaku berhasil diringkus. Insiden penembakan itu ditengarai mungkin telah direncanakan bertepatan dengan pidato peringatan Putin untuk hari jasa keamanan Rusia.
 
"Orang tak dikenal melepaskan tembakan di dekat gedung nomor 12 di jalan Bolshaya Lubyanka," kata badan keamanan itu dalam sebuah pernyataan, menurut kantor berita Interfax, yang dikutip The Daily Beast, Jumat, 20 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Beberapa orang terluka,” imbuh pernyataan ini.
 
Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa lima orang lainnya cedera dalam penembakan itu, termasuk dua personel Layanan Keamanan Federal.
 
Selama ini, bangunan kantor FSB itu berada di lingkungan yang dikenal sebagai salah satu bagian paling aman di Moskow. Serangan ini tentu mengejutkan pihak keamanan.
 
Seorang saksi mengatakan bahwa dia telah mendengar suara tembakan di daerah yang sama dan sirene, suara tembakan, dan teriakan terdengar oleh beberapa orang. Selain bangunan FSB, Lubyanka Square juga merupakan tujuan belanja sibuk yang populer di kalangan wisatawan dan sekitar lima menit berkendara dari Kremlin.
 
Robert Anchipolovsky, seorang musisi mengatakan kepada The Associated Press bahwa dia sedang dalam perjalanan ke konsernya di Moskow ketika syuting dimulai.
 
"Saya pikir itu kembang api dan kemudian saya melihat bagaimana polisi mulai jatuh di landasan dan berjongkok," kata Anchipolovsky, yang merekam kejadian itu dari mobilnya.
 
Serangan terjadi pada hari yang sama Presiden Vladimir Putin memberikan konferensi pers televisi tahunannya, di mana ia memuji stabilitas politik Rusia yang berlanjut. Putin sendiri adalah mantan agen KGB, agen pendahulu FSB. Ketika tembakan dimulai, ia berada di sebuah gala di Kremlin untuk merayakan ‘Hari Pekerja Badan Keamanan”.
 
“Hari ini kami menghormati orang-orang yang telah memilih jalan yang sangat sulit tetapi juga sangat penting bagi negara dan masyarakat; mereka yang dengan gigih membela kepentingan dan keamanan nasional Rusia, mengungkap dan menetralisir ancaman internal dan eksternal, dan melindungi kehidupan, hak dan kebebasan konstitusional semua orang Rusia,” kata Putin dalam pidato Hari Badan Pekerja Keamanan.
 
Sekitar pukul 7.15 malam waktu setempat, kantor berita Meduza melaporkan bahwa petugas pers FSB mengatakan seorang pria bersenjata juga telah tewas, dan para pejabat sedang bekerja untuk menetapkan identitasnya. Meduza mengatakan korespondennya terus mendengar suara tembakan di daerah itu setelah waktu itu.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif