Foto dari rekaman video yang memperlihatkan penyelamatan imigran oleh Penjaga Pantai Italia di Laut Mediterania, 23 November 2019. (Foto: AFP/HO/GUARDIA COSTIERA)
Foto dari rekaman video yang memperlihatkan penyelamatan imigran oleh Penjaga Pantai Italia di Laut Mediterania, 23 November 2019. (Foto: AFP/HO/GUARDIA COSTIERA)

Italia Selamatkan 149 Imigran di Laut Mediterania

Internasional imigran gelap italia
Arpan Rahman • 26 November 2019 17:00
Lampedusa: Penjaga Pantai Italia menyelamatkan 149 orang dari sebuah kapal imigran yang tenggelam di Laut Mediterania pada akhir pekan kemarin.
 
Disitat dari UPI, Senin 25 November 2019, sebuah video memperlihatkan petugas menyelamatkan anak-anak dan menaikkan mereka ke sebuah perahu penyelamat. Sebagian imigran terlihat berpegangan pada alat pengaman agar tidak tenggelam.
 
Penyelamatan terjadi pada Sabtu 23 November, sekitar 2 mil laut dari Lampedusa -- sebuah pulau kecil di Sisilia, Italia. Kapal berisi pencari suaka asal Libya itu tenggelam akibat diterjang gelombang tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Satu hari usai penyelamatan, sedikitnya tujuh imigran ditemukan tewas dan belasan lainnya masih dinyatakan hilang.
 
Dalam pernyataan via laman Facebook, Penjaga Pantai Italia mengatakan operasi penyelamatan kali ini berlangsung sulit karena ombak di lokasi dapat mencapai ketinggian hingga lebih dari dua meter.
 
"Penyelamatan juga sulit dilakukan karena banyak orang yang jatuh ke laut di waktu bersamaan," ucap pernyataan Penjaga Pantai Italia.
 
Dua penyelam dan seorang kru kapal Penjaga Pantai Italia melompat ke laut untuk menyelamatkan para imigran.
 
Sementara kru yang bertahan di kapal melemparkan sejumlah pelampung agar para imigran dapat mengambang.
 
"Aksi heroik para petugas penyelamat membuat kita sangat yakin bahwa Italia masih merupakan sebuah negara hebat, yang bersedia menyambut kedatangan orang dan menyelamatkan banyak nyawa," kata Menteri Infrastruktur dan Transportasi Italia Paola De Micheli.
 
"Saya bangga dapat mewakili para pahlawan ini," pungkasnya.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif