Kopi Indonesia Berpeluang Besar di Pasar Austria
Dubes RI untuk Austria Darmansjah Djumala menikmati kopi di stand Indonesia di Wina, 14 Januari 2018. (Foto: KBRI Wina)
Wina: Beragam jenis kopi Indonesia dipamerkan dalam Vienna Coffee Festival 2018. Kedutaan Besar RI di Wina didukung perwakilan Asosiasi Kopi Spesialty Indonesia (AKSI), Komunitas Kopi Nusantara dan Goesar Coffee menghadirkan kopi dari Aceh Gayo, Mandheling, Kerinci, Java Ijen, Bali, Flores, Toraja dan Papua.

Barista handal Indonesia, Andi William, menyajikan langsung berbagai kopi Indonesia kepada pengunjung.

Duta Besar Indonesia di Austria Darmansjah Djumala mengatakan kopi asal Tanah Air berpeluang besar di pasar Austria. Hal tersebut dibuktikan banyaknya pengunjung yang memadati stand kopi Indonesia.


"Kopi Indonesia punya peluang besar di pasar Austria. Dengan pengolahan biji kopi yang baik dan tampilan rasa yang cocok untuk lidah masyarakat lokal, kita optimistis kopi Indonesia merajai pasar kopi di Austria," kata Dubes Djumala, seperti dilansir dari pernyataan KBRI Austria yang diterima Medcom.id, Senin 15 Januari 2018.

Salah satu pengunjung mengatakan aroma kopi Indonesia yang khas menariknya mencicipi mereka. 

"Rasa dan aroma sangat unik. Khas sekali. Sulit ditemui di kopi-kopi lainnya," kata dia.


Dubes Darmansjah menyapa pengunjung di stand kopi Indonesia. (Foto: KBRI Wina)

Austria merupakan negara tujuan potensial bagi ekspor produk kopi Indonesia. Konsumsi kopi Austria menempati urutan lima tertinggi di dunia, dengan jumlah konsumsi 5,5 kilogram per kapita setiap tahunnya.

Di Wina sendiri ada tradisi minum kopi di kedai kopi, yaitu Viennese coffee house. Tradisi ini telah diakui UNESCO sebagai budaya lokal yang harus dilestarikan.

Total perdagangan kopi Indonesia ke Austria sendiri mencapai lebih dari 850 ton per tahun.

"Tak hanya itu, kopi Indonesia juga menembus pasar Austria melakui distributor di negara sekitarnya, terutama Belanda, Jerman dan Italia," imbuh Dubes Djumala.

Vienna Coffee Festival merupakan pameran kopi terbesar di Asutria. Lebih dari 12 ribu pengunjung setiap tahunnya hadir dalam pameran ini.

Sebanyak 70 eksibitor dari berbagai negara, seperti Italia, Amerika Serikat, Inggris, Belanda, Jerman, Norwegia dan Indonesia turut menjadi bagian dalam pameran tahunan tersebut.




(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360