Rangkaian Malam Karier Indonesia (Indonesia Career Evening atau ICE) di London, Inggris, 27-28 Oktober 2019. (Foto: KBRI London)
Rangkaian Malam Karier Indonesia (Indonesia Career Evening atau ICE) di London, Inggris, 27-28 Oktober 2019. (Foto: KBRI London)

Berburu Talenta Berbakat di Indonesia Career Evening London

Internasional indonesia-inggris
Willy Haryono • 02 November 2019 07:17
London: Lebih dari 20 perusahan berpartisipasi dalam Malam Karier Indonesia (Indonesia Career Evening atau ICE) yang dihadiri 400 mahasiswa dan profesional Indonesia di London, Inggris.
 
Acara tahunan ini berhasil menarik para mahasiswa seantero Inggris Raya, terutama yang menempuh jenjang pendidikan tinggi di 50 lebih universitas top dunia, diantaranya University of Oxford, University of Cambridge, Imperial College London, London School of Economics, University College London, King’s College London, University of Manchester, University of Liverpool, University of Leeds, University of Edinburgh, dan lainnya.
 
ICE 2019 di London diselenggarakan oleh Young Indonesian Professionals’ Association (YIPA) di Inggris Raya; sebuah asosiasi untuk diaspora Indonesia yang bekerja di berbagai perusahaan di Inggris. Acara ini memiliki beberapa komponen, yaitu (1) Job Fair; (2) Career Talk; (3) Makan Malam bersama anggota profesional YIPA UK, dan; (4) belasan Company Sessions dan Workshops yang berlangsung secara paralel.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Indonesia Career Evening telah dimanfaatkan oleh berbagai tech players, leading multinationals dan BUMN – BUMN untuk berburu bright talents yang berkuliah di universitas top di Inggris," ujar Steven Marcelino, Direktur Eksekutif YIPA UK, dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Jumat 1 November 2019. YIPA UK telah mencatat lebih dari 500 anggota profesional Indonesia di 10 sektor kerja di Inggris Raya.
 
Perusahaan yang berpartisipasi dalam acara ini cukup beragam, mulai dari swasta hingga BUMN. Perusahaan swasta yang berpartisipasi antara lain; Alterra, Indosat Ooredoo, Ovo, Shopee, Accenture, Kraft Heinz, United Overseas Bank (UOB), serta Daya Dimensi Indonesia (DDI). Perusahaan pelat merah yang berpartisipasi antara lain; Bank BNI, Jasa Marga, Pertamina, Bank Mandiri, Hutama Karya, Pembangunan Perumahan, PLN, PGN, Kimia Farma, Angkasa Pura dan Telkom Indonesia.
 
ICE 2019 yang telah memasuki tahun ke-5 ini merupakan acara karier terbesar untuk WNI dan Diaspora di luar Indonesia, yang didukung oleh KBRI London, Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, ICAEW, Kementerian BUMN, Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Equatorise, Anglo-Indonesian Society (AIS), Global Indonesia Professionals’ Association (GIPA), dan BritCham Indonesia.
 
Acara tahunan ini merupakan bentuk kontribusi diaspora profesional di Inggris Raya melalui YIPA UK untuk mempersiapkan SDM yang superior dan siap menghadapi tantangan di dunia kerja menggunakan ilmu yang ditimba dari luar negeri. YIPA UK dan BritCham Indonesia juga meluncurkan skema YIPA-BritCham Associate edisi kedua untuk memberikan career support dan mentorship scheme untuk para mahasiswa Indonesia di Inggris.
 
Selain berperan dalam Human Capital Development, YIPA UK juga memiliki misi untuk mempromosikan hubungan bisnis dan investasi antara Inggris dan Indonesia dan menjadi partner di Inggris untuk berbagai organisasi dan kementrian di Indonesia.
 
Salah satu panelis dalam Career Talk yang bertemakan "Advancing the Nation for the Future through Human Capital Development," Direktur SDM PT Jasa Marga, Alex Denni, berbicara mengenai pentingnya para milenial untuk kembali bersumbangsih ke tanah air dan ikut memajukan Indonesia melalui BUMN-BUMN yang merupakan lokomotif pertumbuhan ekonomi Indonesia.
 
"Dalam kiat berbagai BUMN untuk menjadi Global Players, perekrutan SDM yang superior yang memiliki eksposur internasional, sungguhlah penting bagi kami di Pertamina," tambah Koeshartanto, Direktur SDM PT Pertamina yang juga berbicara sebagai panelis.
 
Sehari sebelum acara ICE 2019, para representatif senior dari berbagai perusahaan mengikuti acara santap malam dan Human Capital Dialogue roundtable. Diselenggarakan oleh YIPA UK dan KBRI London, diskusi roundtable berfokus pada tren terkini di SDM dan bagaimana perusahaan Indonesia dapat menarik hot talents.
 
Inisiatif-inisiatif terbaru dari berbagai BUMN dalam meningkatkan Employee Experience dan Career Development juga dibahas, termasuk kiat memberikan beasiswa ke luar negeri untuk staf dengan potensi yang menjanjikan.
 
"KBRI London mengapresiasi dedikasi Steven dan YIPA UK yang berperan dalam Human Capital Development dan menghubungkan mahasiswa-mahasiswa luar biasa di Inggris dengan berbagai perusahaan termasuk BUMN, dan kami juga berharap bahwa inisiatif YIPA UK ini bisa dibawa ke hub mancanegara yang lain di level global," ucap Adam Tugio, Wakil Kepala Perwakilan DCM KBRI London.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif