Duta Besar RI untuk Belgia, Luksemburg dan Uni Eropa, Yuri Thamrin. (Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom.id).
Duta Besar RI untuk Belgia, Luksemburg dan Uni Eropa, Yuri Thamrin. (Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom.id).

Dubes Yuri: Uni Eropa Masih Berjibaku dengan Islamofobia

Internasional uni eropa indonesia-uni eropa
Marcheilla Ariesta • 19 Juni 2019 13:33
Jakarta: Uni Eropa disebut masih berjibaku dengan Islamofobia. Duta Besar RI untuk Belgia, Luksemburg dan Uni Eropa, Yuri Thamrin mengatakan saat ini negara-negara di Benua Biru itu masih berkutat dengan Islamofobia.
 
"Takutnya itu tidak jelas terhadap Islam. Bentuknya apa? Seperti pelanggaran pembangunan masjid, orang tidak boleh memakai hijab, tidak boleh memakai burkini," terangnya kepada mahasiswa Universitas Bina Nusantara, dalam kegiatan Hubungan Indonesia-Uni Eropa: Kesempatan dan Tantangan, di Jakarta, Rabu, 19 Juni 2019.
 
Dia menambahkan, yang menggaungkan Islamofobia kebanyakan adalah orang-orang populis. Menurut dia, mereka tengah meningkat, namun tak ada yang perlu dikhawatirkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pasalnya, imbuh Yuri, meskipun meningkat, namun dalam pemilihan umum di parlemen Uni Eropa, partai populis tidak mencapai sepertiga parlemen. Meski demikian, partai populis ini harus ditindak.
 
"Platformnya mereka itu anti-Islam, anti-imigran. Jadi, kalau para pemimpin Uni Eropa mengatakan tidak ada Islamofobia, tidak benar itu. Masih ada, namun sedang ditindaklanjuti," imbuhnya.
 
Dubes Yuri memberikan beberapa masukan agar Islamofobia bisa diatasi di Eropa. Dia meminta agar para Muslim di Eropa harus lebih aktif untuk menyatakan bahwa Islamofobia itu salah dan harus dikecam.
 
Dia juga mengatakan negara seperti Indonesia bisa membantu, salah satunya dengan membentuk organisasi atau melakukan dialog antaragama. Yuri juga berharap Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) juga berkontribusi untuk menghilangkan Islamofobia, tak hanya di Eropa, namun juga di seluruh dunia.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif